News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua KPU Sumsel Sebut Pilkada Prabumulih Salah Satu Yang Unik

Ketua KPU Sumsel Sebut Pilkada Prabumulih Salah Satu Yang Unik

Prabumulih, Srine. Com -Dari 171 daerah yang
mengikuti Pilkada serentak tahun 2018, ada 19 daerah yang memiliki calon tunggal.

Salah satunya Pilkada Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Di Prabumulih ini hanya memiliki satu pasang calon, Ridho Yahya -Andriansayah Fikri yang diusung dan didukung seluruh partai.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Provinsi Sumsel,Aspahani, SE menjelaskan istilah yang selama ini beredar dimasyarakat musuh kotak kosong tidak dikenal di KPU.yang ada calon tunggal, uniknya salah satunya Pilkada Prabumulih.

"Pilkada Prabumulih salah Satu yang unik karena hanya ada satu calon. KPU tidak mengenal istilah  Musuh Kotak Kosong, yang ada calon tunggal" , ujar Aspahani usai menghadiri acara Bimtek Petugas Pemutakhiran Data Pemilih di Hotel Grand Nikita Prabumulih, Selasa (16/1/18) lalu.

Menurutnya hal ini menjadi penting karena calon tunggal tersebut belum tentu menang, karena di kotak nanti pemilih dihadapkan dua pilihan ada yang setuju dan tidak setuju.
"Untuk itu harus disosialisaaikan terus menerus dengan baik dan benar kemasyarakat. Karena calon tunggal belum pasti menang", kata Aspahani.

Tinggal lagi lanjut Aspahani, jika banyak yang setuju akan menjadi beban psikologis calon karena akan membayar lunas janji -janji kampanyenya.

 "Sementara jika yang tidak setuju banyak tetapi calon masih menang, calon harus introspeksi diri apa yang kurang pada masyarakat",pungkasnya.

Seirama, Ketua KPUD Kota Prabumulih, M Takhyul menyebutkan dengan calon tunggal Prabumulih bisa menjadi perhatian daerah -daerah lain bahkan bisa dijadikan pusat pendidikan.

"Daerah lain akan memberikan perhatian lebih, itulah keunikan nya. Bahkan bisa saja ada dijadikan pusat studi untuk penelitian", bebernya.

Selain Prabumulih Diketahui Terdapatt tiga calon tunggal di Banten yaitu di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Lebak. di Jawa Tengah terdapat di Karanganyar dan Sulawesi Utara di Minahasa Tenggara.
 sejumlah daerah lain dengan calon tunggal ditemukan di Tapin, Enrekang, Mamasa, Puncak, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Deli Serdang, Jambi, Pasuruan, Makassar, Bone, Mimika dan Kotamobagu.(ada)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar