News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

OKI Targetkan Terima Program Peningkatan Kualitas PAUD

OKI Targetkan Terima Program Peningkatan Kualitas PAUD

Kayuagung,SRINE.Com-- Kabar baik bagi dunia pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), khususnya untuk pendidikan usia dini (PAUD). Karena kabupaten ini menjadi salah satu dari 25 daerah di Indonesia yang ditargetkan akan menerima program peningkatan kualitas pendidikan usia dini.

Program yang mendapat dukungan bank dunia ini bertujuan untuk peningkatan kualitas layanan PAUD di desa dengan memberikan pelatihan berstandar nasional kepada guru-guru PAUD di Kabupaten OKI, serta meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan usia dini, terutama untuk masyarakat miskin, guna memperluas kesempatan di masa depan.

“Anak-anak yang mendapatkan pendidikan usia dini memperlihatkan perkembangan sosio-emosional dan kognitif yang lebih baik dibanding dari anak-anak yang tidak layanan tersebut. Peningkatan kualitas layanan pendidikan usia dini di desa akan membantu pemerintah mencerahkan masa depan generasi mudanya, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah pedesaan,” kata Titi Hardianti, perwakilan dari world bank yang berkunjung ke Kabupaten OKI, beberapa waktu lalu.

Program baru ini, ungkap Titi, merupakan gabungan tiga program pemerintah, yaitu program Generasi Sehat Cerdas dibawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Lalu program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan program peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintah Kabupaten OKI melalui Sekretaris Daerah H. Husin, S. Pd, MM menyambut baik bantuan pemerintah pusat serta sokongan bank dunia, mengingat pembangunan sumber daya manusia sejak usia dini memang menjadi prioritas Pemkab OKI melalui program 1 desa 1 PAUD.

“Secara kelembagaan program satu desa satu PAUD sudah dituntaskan sejak 2016. Kita memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk peningkatan kualitas pendidikan maupun kesejahteraan guru PAUD,” ungkap Husin.

Husin mengaku terwujudnya program 1 desa 1 PAUD juga mendapat dukungan dari dunia usaha seperti PT OKI Pulp, yang banyak membantu pembangunan dan peningkatan kualitas PAUD di OKI.

“Dalam mewujudkan 1 desa 1 PAUD, kita turut didukung PT OKI Pulp. Harapan sama kepada dunia yang ada di OKI untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat secara langsung,” ungkapnya.

Husin berharap program bank dunia ini tidak terbatas pada bidang pendidikan saja, tetapi juga dapat dikembangkan pada bidang lain.

“Tentu ini sangat membantu dan kami berharap terus berkelanjutan ke bidang lain, seperti kesehatan maupun sanitasi layak bagi masyarakat,” tukas Husin. (Nil)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar