Header Ads

Pramuka Juga Bagian Tumbuh Kembang Pembangunan

Kayuagung, SN -Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten OKI sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) OKI, H Husin, SPd, MM, pada Sabtu (20/10/2018). Melantik Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) serta Kepengurusan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kecamatan Pampangan masa bakti 2018 -2023. Kegiatan pelantikan itu juga sekaligus menutup acara KMD se-Kecamatan Pampangan, yang dimulai dari tanggal 14 hingga 20 Oktober 2018 yang dipusatkan di SMPN 1 Pampangan.

Sekda OKI, H Husin, SPd, MM mengatakan, dengan telah dilantiknya Kwaran di Kecamatan Pampangan tersebut bisa semakin membangkitkan gairah kepramukaan di setiap kecamatan tersebut.

“Untuk itu kepada Kwaran dan Mabiran yang telah di lantik dapat terus memberikan kontribusi terhadap kemajuan pramuka di Kecamatan Pampangan ini, khususnya di Kabupaten OKI kita tercinta ini,” tukasnya.

Sekda OKI, Husin menambahkan, melalui gerakan pramuka dapat membentuk mental pemimpin yang baik dan menjadi yang terdepan apabila ada yang berani merusak pancasila dan UUD 1945.

“Ini harga mati. Apapun yang terjadi kita harus menjaga pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Apabila sudah terjaga, maka pemuda-pemuda di Indonesia khususnya di Kabupaten OKI dapat berperan lebih dalam membangun daerahnya,” tutupnya.

Susunan kepengurusan Kwaran Kecamatan Pampangan tersebut, di Ketuai oleh Drs. H. Hartono. Sedangkan Ketua
Kamabiran Pampangan yg baru, di ketuai oleh Z. Hendy,  S. Sos
dengan Masa bakti 2018 -2023.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Kwarcab Kabupaten OKI, para Kabid dan Wakabid di kepengurusan kepramukaan, para Binamuda dan Binawasa, serta undangan lainya.

Ketua Kwaran Pampangan yg baru Drs. H. Hartono menyampaikan, bahwa Pramuka adalah salah satu organisasi yang menjadi wadah pengembangan potensi diri, pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara dengan senantiasa mengaplikasikan sikap perilakunya yang berpedoman pada Tri Sayta dan Dasa Dharma Pramuka, katanya

Lanjut Hartono mengatakan bahwa “Pelantikan ini saya harapkan menjadi tonggak kokohnya kebangkitan Pramuka di Kabupaten OKI,” karena masa-masa yang kejayaan pramuka di Kabupaten OKI ini akan terulang lagi pada tahun-tahun mendatang, sambungnya.

Kemudian, Kamabiran Pampangan yg baru, Z. Hendy,  S. Sos berpesan dengan adanya pelantikan kita ini diharapkan dapat di jadikan momentum awal melaksanakan amanah kepengurusan Mabiran maupun Kwaran di Pampangan, sehingga dapat berkiprah lebih nyata dalam mengisi pembangunan serta membantu mewujudkan visi dan misi Pemkab OKI. “ saya Pramuka harus berperan besar dalam perkembangan bangsa dan Negara ini. Selalu bersemangat menggelorakan panji-panji kepramukaan, agar panji-panji pramuka yang pernah kita raih dapat dipertahankan demi meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Hendy juga berpesan kepada Majelis Pembimbing Gugus Depan (Gudep) agar dalam penyusunan anggaran sekolah kegiatan pramuka juga untuk mendapatkan perhatian, agar kegiatan pramuka di sekolah dapat berjalan dengan baik , katanya.(H/D)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.