News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rembuk Stunting Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas

Rembuk Stunting Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas

Kayuagung, SRINE.com- Rembuk Stunting Kecamatan sebagai salah satu langkah dari hasil rembuk Stunting ditingkat desa yang dibawa ketingkat Kecamatan,dari hasil rembuk Stunting di tingkat Kecamatan ini akan di bawa ketingkat Kabupaten. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Tugumulyo Wahyono S.Sos., M.,Kes, saat menghadiri kegiatan rembuk stunting dan festival desa se-Kecamatan Lempuing dengan menggelar lomba mewarnai tingkat anak-anak Paud dan lomba Bayi Sehat di balai pertemuan kantor camat Kecamatan Lempuing, kemarin.

Dikatakannya yang pelaksanaan rembuk stunting tersebut akan diadakan pada tanggal 17 Desember nanti.
Dalam menangani masalah stunting,dari hasil rembuk stunting ditingkat desa yang dibawa ketingkat  Kecamatan melalui program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC),dari program GSC dilaksanakan kegiatan rembuk stunting dan festival desa se-Kecamatan Lempuing dengan menggelar lomba mewarnai tingkat anak-anak Paud dan lomba Bayi Sehat di balai pertemuan kantor camat Kecamatan Lempuing.

" Dari hasil PSG tahun 2018 PKM Tugu Mulyo 778 balita yang diukur ditimbang bb dan diukur PB atau TB nya..   Status gizi indeks PB/U atau TB/U terdapat 5 anak dengan status gizi sangat pendek dan ada 33 anak dengan status gizi pendek..total 38 anak Kalau di persentase 4.8 persen," ungkap Wahyono.

Wahyono berharap, untuk menekan masalah stunting ini terus dilakukan.

Kegiatan rembuk itu dihadiri langsung Sekretaris Kecamatan Lempuing Agusman SKM.,MM, Kepala Puskesmas Tugu Jaya, Kepala Puskesmas Tugumulyo, Kepala Puskesmas Cahya Maju, UPTD Pendidikan Lempuing, HimPaudi Kecamatan Lempuing, para Kader Posyandu, ibu-ibu PKK, para Kades dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) se- Kecamatan Lempuing.

Camat Lempuing melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Agusman S.KM.,MM saat membuka kegiatan, mengajak masyarakat betapa pentingnya kesehatan pada anak-anak, dan pentingnya mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sehingga anak-anak bisa tumbuh sehat.

“Melalui rembuk stunting dan festival desa se-Kecamatan Lempuing ini, diharapkan bisa untuk menerapkan perilaku hidup sehat bagi anak-anak,” tegas dia.

TA P3M Kabupaten OKI Agus Marwan berharap pertumbuhan masalah Stunting di Kecamatan Lempuing bisa teratasi secara Konvergensi dari setiap elemen yang ada diKecamatan Lempuing.

“Jadi masalah Stunting ini nantinya dilakukan secara bersama-sama dari seluruh elemen yang ada diKecamatan Lempuing baik dari pihak Kecamatan, Puskesmas, UPTD Pendidikan, BKKBN, Program-program yang ada diKecamatan Lempuing maupun masyarakat Kecamatan Lempuing,” jelas dia.

“Untuk penurunan masalah Stunting sendiri, dilihat dari hasil rekap di kabupaten cukup signifikan, menurun dari tahun 2015  34,7 persen, tahun 2016 turun 34,4 persen, tahun 2017 turun 22,5 persen," ujar Agus Marwan.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar