News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peran UMKM Masih Dibutuhkan Dalam Menekan Angka Kemiskinan di Sumsel

Peran UMKM Masih Dibutuhkan Dalam Menekan Angka Kemiskinan di Sumsel

PALEMBANG, srine.com - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru berharap usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumsel terus berkembang pesat,  hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan Komite IV DPD RI Provinsi Sumatera Selatan Siska Marleni beserta rombongan di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (28/1). 

Dalam kesempatan tersebut ia meminta kebijakan relugasi dari para wakil rakyat baik yang ada di DPD RI  agar  dapat  berpihak kepada para pelaky UMKM. Mengingat selama ini masih banyak kesulitan  terutama dalam mendapatakan suntikan modal  melalui perbankan katrena terkait dengan jaminan yang dimiliki UMKM. 

"Saya meminta  para wakil rakyat dan instansi terkait agar dapat memberikan bantuan pada pelaku  UMKM. Selama  ini pemerintah telah berupaya memberikan subsidi selama itu tidak menyalani aturan. Dengan catatan pinjaman yang dikucurkan juga tidak boleh digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Jika iya maka jangan dikasih," ujarnya. 

Menurut Herman Deru UMKM ini memiliki peran strategis di Indonesia. Terlebih di provinsi Sumsel, mengingat sektor ini mampu menyerap tenaga kerja yang banyak dan dapat bertahan dari guncangan krisis ekonomi global. 

 “Kita akan terus  berikan kesempatan yang seluas luasnya  bagi pelaku  UMKM di Sumsel untuk dapat ikut menggerakkan perekonomian  baik dalam sektor pertanian, perkebunan dan sektor transportasi,” tambahnya. 

Herman Deru menambahkan,  Pemprov Sumsel juga akan terus mendorong percepatan pembangunan di semua bidang dengan memperkuat  SDM  yang dimiliki dengan terap memanfaatkan teknologi yang ada, hal ini dilakukan dalam upaya mencapai target ekonomi makro yaitu pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan turunnya angka kemiskinan serta  angka  pengangguran dapat ditekan termasuk pengendalian inflasi. 

‘Pada saat ini jumlah UMKM yang ada di Sumsel sebanyak 161.726 unit. Harapan kita banyaknya UMKM ini akan ikut membantu menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan terutama yang ada di Sumsel,” imbuhnya. 

Sementara itu Wakil Ketua Komite IV DPD RI Provinsi Sumatera Selatan Siska Marleni mengatakan, sudah banyak aspirasi  yang masuk ke pihaknya terkait dengan UMKM, karena itu dirinya bersama Jamkrida, otoritas jasa keuangan, dan pihak terkait bersama membantu meningkatkan kemajuan para  pelaku UMKM di Sumsel. 

"Memang  peran UMKM ini sangat strategis dalam mengatasi krisis ekonomi, moneter. Inilah yang membantu perekonomian kita. Di pusat juga relugasinya UMKM sudah cukup baik," ungkapnya.

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar