Header Ads

Hendri Ch Bangun: Wartawan Ikut UKW

Jakarta , SRINE.COM - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ditekankan Dewan Pers untuk diikuti seluruh wartawan atau pegawai (staf) perusahaan media sebagai upaya peningkatan kemampuan pewarta dalam melaksanakan tugasnya.

Hal itu diungkapkan Hendry Ch Bangun salahsatu anggota Dewan Pers saat menerima peserta study banding dari PWI Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Senin (18/3) di Gedung Dewan Pers Jakarta.

"UKW merupakan kebutuhan seorang wartawan agar lebih profesional, karena aneh kalau seorang wartawan tidak paham etika dan tidak kompeten. UKW juga memberikan pemahaman kode etik jurnalistik agar seorang wartawan tidak asal tulis berita dan tidak asal jiplak. Seorang wartawan dalam menulis berita harus konfirmasi dan berimbang," ujar Hendri Bangun.

Disamping itu, Hendry juga menjelaskan bahwa perusahaan media harus terverifikasi di Dewan Pers.

"Dewan Pers ingin mengembangkan perusahaan media agar bisa lebih baik dan hidup. Dengan adanya itu perusahaan bisa bekerja sama dengan pihak lain. Syarat verifikasi perusahaan media harus berbadan hukum, penanggung jawab atau Pimpred harus utama dan ada beberapa syarat lagi yang harus dipenuhi perusahaan media dan saat ini untuk verifikasi melalui online," terangnya.(Redi)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.