News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kehadiran PT PGE Angin Segar Untuk OKU

Kehadiran PT PGE Angin Segar Untuk OKU

BATURAJA,SRINE - Bupati Ogan Komring Ulu (OKU) Drs. H. Kuryana Azis menyambut baik kerjasama antara PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan Pemerintah Kabupaten OKU.

Hal ini disampaikan Kuryana Azis saat menerima Audensi Humas PT Pertamina Geothermal Lumut Balai Dyah Purwaningsih,  Sustyo Hindiarto dan penulis Buku PGE Byond Energy Ir Arif Punto,MTI di Rumah Kabupaten pada Rabu (17/7).

Bupati OKU menyampaikan bahwa PT. Pertamina PGE sebagian masuk wilayah OKU dan sebagian lagi masuk wilayah Muara Enim,"PT PGE hanya sebagian masuk wilayah OKU, sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Muara Enim,"kata Kuryana.

Menurut Kuryana ehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTP ) Pertamina Geothermal Energy ( PGE  ), tentu sangat bermanfaat untuk menambah pasokan listrik bagi PT. PLN, untuk disalurkan kepada masyarakat.

"Dengan bertambahnya pasokan listrik ini diharapkan kekurangan daya listrik khususnya di Kabupaten OKU dapat teratasi," harap Kuryana.

Sesuai Undang Undang No. 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, bahwa penerimaan pertambangan panas bumi yang dihasilkan dari wilayah daerah yang bersangkutan yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dibagi dengan imbangan 20 persen untuk Pemerintah Pusat dan 80 persen untuk daerah.

"Dari dana bagi hasil tersebut dapat digunakan untuk memperbesar porsi pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana umum seperti perbaikan jalan, jembatan, rumah sakit, puskesmas, sekolah, sanitasi, air minum dan yang lainnya,"terang Kuryana.

Disamping itu, ada beberapa hal yang mendesak dan sinergi dengan Pemerintah Provinsi yaitu pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran, pendidikan, serta pembangunan rumah layak huni.

Lebih lanjut Kuryana mengatakan, dengan kehadiran peran PGE terutama pada variable pemerintah yang diprediksi dari naiknya dana bagi hasil,"maka kita optomis target itu akan tercapai bahkan terlampaui dan mendukung pencapaian target nasional dan provinsi hingga menjadi 5 persen."lanjutjya.

Dengan demikian,  Bupati OKU optimis masyarakat OKU bisa menikmati dari hasil kerjasama yang akan dilaksanakan tersebut.

Selain itu Kuryana juga berharap kepada PGE agar memperhatikan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan," Manfaatkan dana CSR dan Capacity Development sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan masyarakat sekitar.,"pungkasnya.(Ledi).

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar