Header Ads

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke -73 Berlangsung Sukses

MUARA ENIM, SRINE-- Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Jadinya ke-73 yang dirangkai dengan Hari Korpri Ke-48, Hari Kesehatan Nasional Ke-55, Hari Guru Nasional Ke-26 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Ke-61 tahun 2019 , Rabu (20/11/19).

Bertindak sebagai pemimpin upacara, Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH. Turut hadir pada kesempatan ini, Unsur Forkompinda, Kepala Pengadilan Negeri, Dan Rindam II/ Sriwijaya, Danyonif 141/ AYJP, Dansubdempom, Staf Ahli, Para Asisten, Sekda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD )di lingkup Muara Enim.

Tema yang diusung dalam peringatan kali ini " Dengan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke-73, Kita Tingkatkan Prestasi Kerja Bersama Guna Mewujudkan Muara Enim Untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera".

Dalam sambutannya, Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH mengatakan , momentum hari jadi ke-73 memiliki arti khusus bagi dirinya, karena ini merupakan tahun kedua pengabdiannya di Muara Enim dengan kinerja pemerintah dalam mewujudkan visi Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, Mandiri, sehat dan sejahtera.

" Kami sadar, dalam melaksanakan pembangunan , tanpa partisipasi masyarakat dan stakeholder pembangunan di Bumi Serasan Sekundang tidak akan terealisasi. Forkompinda, Kepala OPD, Pimpinan BUMN/BUMD, LSM dan Insan Pers secara sinergi dalam menciptakan situasi kondusif di Muara Enim", ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD  dalam memperingati hari jadi Kabupaten Muara Enim Ke- 73 tahun 2019.

Hadir dalam paripurna ini Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi istri sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Feby Herman Deru, Plt Bupati H Juarsah, Anggota DPR RI H Wahyu Sanjaya SE, Anggota DPD RI Hj Eva Susanti, Wakil Ketua DPRD Sumsel H Giri Ramanda Kiemas, Anggota Dprd Provinsi Sumsel, Pimpinan dan Anggota Dprd Muara Enim, Forkompinda, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan undangan lainnya.

Plt Bupati , H Juarsah menerangkan, dalam RPJM nasional tahun 2015-2019 pemerintah telah menetapkan visi  pembnagunan nasional yaitu, terwujudnya Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong yang didalami oleh 9 agenda pembangunan nasional yang dikenal " Nawacita".

" Dalam implementasinya selaras dengan visi Kabupaten Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera," bebernya.

Sebagai indikator kinerja Pemerintah Kabupaten Muara Enim, lanjut Juarsah, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2018 berada di angka 68,28% meningkat dari tahun sebelumnya67,63%.

" Kemiskinan menurun dari 13,19%  di tahun 2017 menjadi 12, 56 % di tahun 2018. Pertumbuhan ekonomi Migas 8,72 % dan tanpa Migas 9,89%," tuturnya.

Sore hari harinya, acara kian meriah. Ribuan masyarakat turun sejalan menyaksikan puluhan kendaraan hias yang mengikuti Colorful Muara Enim Festival Mobil Hias Muara Enim Merakyat tahun 2019.


Plt Bupati , H Juarsah menyampaikan ucapan Selamat datang kepada Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam rangka mewujudkan visi misinya yaitu, Muara Enim untuk rakyat.

"Bidang pariwisata menjadi bagian penting dalam upaya membangun citra yang bermuara pada peningkatan wisatawan dan ekonomi rakyat", kata Juarsah.

Ditambahkan Juarsah, Muara Enim dikenal salah satu kabupaten yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) terbesar kedua di Sumsel.

" Pertanian, Perkebunan, Pertambangan, dan Migas merupakan sektor yang berperan besar dalam membangun perekonomian,"imbuhnya.


Namun kata dia, Muara Enim tidak sebatas lumbung energi dan migas. Muara Enim juga memiliki anak ragam tempat wisata yang potensial dengan keindahan alam, keunikan seni, budaya, kuliner dan kearifan lokal masyarakat.

" Kuliner ada Memang dan Kue Gunjing dan ada potensi buah lokal seperti, Duku dan Durian," tegasnya.

Hal ini menjadi dasar Pemkab Muara Enim mengadakan Festival Mobil Hias Muara Enim Merakyat yang merupakan rangkuman dari seluruh potensi SDA dan wisata pesona Bumi Serasan Sekundang, yang diakomodir seluruh OPD dan masyarakat umum sebagai peserta dengan menampilkan potensi seni serta produk unggulan pembangunan daerah.

" Diharapkan festival ini dapat meningkatkan kunjungan wisata dan berdampak positif bagi pelaku usaha di Muara Enim," tandasnya.

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-73, Pada malam harinya, di lapangan Adipura di gelar acara malam puncak peringatan hari jadi Kabupaten Muara Enim Ke-73 dengan gelaran  Festival malm anugerah insan berprestasi.  Masyarakat Muara Enim di hibur artis ibukota Wali Band dengan lagu- lagu hitsnya.


Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan keaneka-ragaman budaya, sehingga dipandang perlu adanya peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing sebagai pendorong peningkatan percepatan pembangunan di Muara Enim.

" SDM merupakan hal yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu aset yang menjadi sumber penghasilan bagi bangsa dan negara", ujarnya.

Lebih dalam Juarsah menerangkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemda atas dedikasi dan perhatian terhadap kinerja dan inovasi dari insan pribadi yang bisa dijadikan teladan untuk menumbuh-kembangkan semangat masyarakat melaksanakan pembangunan disegala bidang.

" Kami berharap melalui kegiatan ini, seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat dapat saling mendukung dalam meningkatkan pengembangan SDM yang # Merakyat. Sehingga diusia ke-73 ini, kita semakin sadar akan pentingnya pembangunan SDM sebagai pilar pembangunan," ucap Juarsah saat buka Festival ini.

Adapun program unggulan yang telah direalisasikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim antara lain, memberikan  dana bantuan kepada 10 Kelurahan sebesar Rp.250 Juta di APBD 2019, 1 desa 1 ambulan , Berobat Mudah dan Gratis, Dana Santunan Kematian sebesar Rp. 2.500.000, Bantuan seragam sekolah dan sepatu gratis kepada siswa SD dan SMP, Program kunjungan Bupati dan Wakil Bupati kedepan dan ngantor didepan guna menampung aspirasi masyarakat dan kegiatan tahunan yang dikemas dalam Colorful Festival Muara Enim Top 25 event tahun 2019.

" Peringatan hari jadi ini kuta jadikan ungkapkan rasa syukur dan momentum intropeksi diri dan evaluasi dalam memberikan  pembangunan pada bangsa dan negara", tutupnya. ( ADV- Humas)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.