Header Ads

Peremajaan 124 H Lahan Sawit Di Karya Mulya , Syamsurizal : Mohon Dirawat Baik-Baik


PRABUMULIH, SRINE- Sebanyak 124 Hektare dari total 800 Hektare lahan sawit warga Karya Mulya Kecamatan Rambang Kapak Tengah ( RKT) Kota Prabumulih  dilakukan peremajaan dengan penanaman baru.

Pasalnya lahan sawit  tersebut sudah dianggap tidak produktif lagi mengingat usianya yang sudah uzur.


Kepala Dinas Pertanian Kota Prabumulih, Syamsurizal menerangkan, Peremajaan  ratusan lahan sawit di Desa Karya Mulya tersebut merupakan program Kementrian Pertanian yang dibiayai menteri Keuangan.

"  Rencana kita usulkan 200 Hektare, namun yang baru direalisasikan124 Hektare. Dana ini bersumber dari Badan Pengelolaan dana perkebunan kelapa sawit atau BPDPKS yang disisihkan dari setiap ekspor kelapa sawit," ungkapnya pada portal ini Jumat,(26/6/2020).

Menurutnya, dana yang digelontorkan tidak boleh diambil secara tunai dan hanya boleh dikelola oleh koperasi terkait untuk  bibit, pupuk,  dan penanaman.

" Yang menerima harus warga setempat atau warga Karya Mulya. Masing-masing warga punya lahan 2 Hektare , dan tiap hektare sebesar Rp.25 Juta.Untuk di program ini dikelola oleh Koperasi Rambang Sarijaya,"  urainya.

Tidak hanya itu, Syamsurizal juga menjelaskan bahwa program peremajaan ini merupakan program yang sudah lama ditunggu sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga.

" Saya berharap kepada  petani untuk benar-benar merawat lahannya hingga masa panen tiba. Sebelum masa panen bisa ditanam tanaman sela seperti, jagung atau sayur mayur," tandasnya.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.