News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Resmi Dibuka Pesta Smanti Tuai Apresiasi, Dari Lomba Hafiz Quran Hingga Sunatan Massal

Resmi Dibuka Pesta Smanti Tuai Apresiasi, Dari Lomba Hafiz Quran Hingga Sunatan Massal


Prabumulih, Sriwijaya News--- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel H Reza Pahlevi resmi membuka Pesta Seni Sekolah Menengah Atas Negeri  3 ( Smanti ) Prabumulih  , Senin ( 14/03/2022).



Kegiatan yang digelar selama dua hari ini sekaligus juga dengan Peresmian Gapura  Tanjak Sekolah, Peresmian  Kantin Cerdas Smanti, dan Launching Café Literasi Sekolah. Di SMA Negeri 3 Prabumulih.



Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH, Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Kusron, S.Pd. MM, Direktur PT WIKA, Rendi Andriansyah, SE, MBA, CMW, CFA, Ketua TP- PKK Prabumulih ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu, Wakil Ketua PMI Prabumulih, Hj Reni Indriani  SKM, Para Kepala Sekolah SMAN Kota Prabumulih, SMA Swasta di Kota Prabumulih, Para Guru, Ketua Komite yang lama dan yang baru, Pensiunan Guru SMAN 3, dan para undangan.



Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H Riza Pahlevi  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Sekolah SMAN 3 Prabumulih Freni Listiani, S.pd, M.si yang telah berhasil menerapkan program 4G Dinas Pendidikan Sumatera Selatan. 


" Ini prestasi yang luar biasa dan sekolah ini saya beri nama  Sekolah Bagkit Berinovasi, " ungkapnya.


Riza menilai terobosan SMAN 3 Prabumulih dalam membangun gerbang tanjak tanpa menggunakan uang Negara untuk memperindah sekolah merupakan keberhasilan tersendiri.


" Gerbang sekolah inikan dibangun melalui Program CSR PT WIKA , ini juga adalah prestasi," kata Riza.



Ditambahkannya , Sebelum Calon Kepala Sekolah  ditempatkan, terlebih dulu diberikan berbagai pelatihan dan bimbingan termasuk untuk menerapkan Program 4G dalam pengelolaan sekolah.


" 4G adalah perpaduan singkatan kata yang berawalan dari leter G. Kata-kata kerja tersebut terdiri dari sekumpulan kata seperti Gagasan, Gebrakan, Gaul dan Gila sehingga dirangkum menjadi 4G," tuturnya.


Untuk itu sebutnya, agar sekolah bisa maju, Kepala Sekolahnya harus punya gagasan dan Gebrakan yang langsung diaplikasikan. 


"  Kepala Sekolah harus Gaul. Gaul dalam artian punya rekanan dan pergaulan yang bagus di luar sekolah. Pada orang tua maupun tokoh-tokoh penting di daerah sehingga mudah berurusan jika ada program yang segera harus dilaksanakan", Pungkasnya.


Senada , Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri pun mengapresiasi kegiatan pesta Smanti yang dibilang mampu mendorong dan menumbuhkan semangat positif bagi siswa.


" Inovasi seperti ini sudah lama kita rindukan," kata Fikri.



Sementara itu , Kepala Sekolah SMAN 3 Kota Prabumulih Freni Listiyan S.P.d, M.Si pembukaan pesta Smanti  atau pentas seni Smanti bersamaan dengan peresmian  Gapura  tanjak sekolah , Kantin cerdas Smanti ,  Launching Cafe Literasi Sekolah dan pelantikan duta literasi sekolah oleh  Bunda Literasi Prabumulih Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu.


" kegiatan ini untuk menyeleksi siswa siswi  Smanti untuk menjadi  duta literasi sekolah yang akan mempelopiri daya literrasi di Smanti prabumulih yakni daya  menulis ,membaca dan literasi," bebernya.


Menurut Freni , kegiatan ini merupakan  awal langkah optimis siswa untuk tetap berkreasi dan betinovasi walaupun di masa pandemi namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.


" Acara ini terdiri dari empat bidang lomba diantara lomba bidang keagamaan yakni lomba Nasyid da Hafizd Alquran dan 

Lomba Mobil legend.Untuk kegiatan sosial adalah sunatan massal  warga sekitar dan aksi donor darah," ujarnya.



Lebih jauh mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Prabumulih ini menerangkan , untuk kantin cerdas Smanti dikelolah oleh koperasi sekolah melalui komite sekolah  dengan memberdayakan warga sekitar.




" Dari 9 kios yang ada semua di isi  oleh masyarakat sekitar  yang hasilnya diperuntukkan bagi keperluan kantin itu sendiri,  Seperti kursi rusak.

Dengan adanya kantin ini kesehatan anak terjamin dan warga sekitar  terbantu ekonomi,"  Tandasnya.



Terpisah Direktur PT WIKA, Rendi Andriansyah, SE, MBA, CMW, CFA mengaku bahwa pembangunan Gapura Tanjung SMAN 3  sebagai identitas sekolah yangg dibangun melalui dana CSR PT WIKA.


" Kebetulan saya juga alumni pertama Smanti danWika ada juga beberapa proyek di Sumsel dan SMAN 3 kan selalu membina komunikasi dengan Alumni fan 

Mengajak untuk berpartisipasi dalam membangun Sumsel ya kenapa Tidak, " tegas GM Wika yang sedang mengerjakan Proyek kabel laut Palembang Bangka ini.


Editor: Adit





Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar