Header Ads

Rusunawa Di Prabumulih Hingga Kini Belum Bisa Dimanfaatkan, Ini Alasannya

PRABUMULIH, SRINE.COM-Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang dibangun pada tahun 2016 lalu hingga kini belum bisa dimanfaatkan.belum tahu pasti apa penyebab sehingga proyek yang menelan biaya sebesar Rp. 19 Miliar dari kantong APBN  ini belum bisa disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan.

Elman ST,Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Prabumulih mengaku hingga hari ini proses serah terima belum dilakukan oleh Kementerian Perumahan Rakyat kepada Pemkot Prabumulih. Menurutnya jika Rusunawa tersebut  belum dihuni tentu saja menghambat pengajuan bantuan berikutnya yang akan mengalir kembali ke Prabumulih.
"Dengan belum adanya serah terima dari pihak Kementerian tentu saja menghambat kucuran bantuan dalam bidang perumahan selanjutnya bagi masyarakat Prabumulih" kata Elman kepada awak media saat wawancara di Rumah Makan Pondok Burung, Cambai (1/11/18).

Ditambahkan Elman, nantinya pihak Pemkot Prabumulih akan membentuk tim guna menetapkan pihak mana yang akan menjadi pengelola Rusunawa tersebut selanjutnya,termasuk besaran biaya sewa yang akan dikenakan.

"Apakah Badan Usaha Milik Daerah yang akan menjadi pihak pengelola selanjutnya. terkait yang disebut biaya sewa adalah biaya untuk  operasional dan pemeliharaan seperti biaya listrik dan kebersihan", bebernya.

Ketika disinggung apakah ada kendala terhadap perusahaan yang mengerjakan proyek tersebut, Elman menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan pemanggilan kepada pihak perusahaan untuk memenuhi persyaratan untuk memuluskan proses serah terima.

"Pihak perusahaan sudah melengkapi persyaratan. Kita hanya sifatnya menunggu. Jika sudah serah terima baru bisa menentukan langkah selanjutnya" tegasnya.

Sebelumnya, Hal ini mendapat sorotan dari Sekretaris Partai Amanat Nasional (PAN) Prabumulih, Feri Alwi, SH. Menurut Anggota Komisi 3 DPRD Prabumulih ini,  Rusunawa yang berada di Kompleks Islamic Centre, Jl Lingkar tersebut harus benar-benar siap dan secepatnya dimanfaatkan masyarakat. agar nantinya biaya sewa tidak memberatkan masyarakat,Rusunawa harus dikelola oleh pihak pemerintah kota Prabumulih.

"Saya minta nantinya dikelola oleh pihak pemkot, jangan pihak ketiga. Agar biaya sewa ringan dan terjangkau oleh masyarakat" kata Feri Alwi. (Aditya)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.