Header Ads

Ridho Yahya Sebut Ruwahan Di Bulan Syaban Adalah Salah Satu Bentuk Syiar Agama Islam

PRABUMULIH,SRINE.Com-  Sedekah Ruwah atau biasa disebut Ruwahan merupakan salah satu tradisi umat Indonesia saat menyambut bulan Ramadhan yang dilakukan mulai pertengahan bulan syaban atau Nisfu Syaban (15 Syaban) menjelang bulan Ramadhan.

Tradisi  yang sangat dianjurkan didalam agama islam ini dilakukan juga oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya ,MM saat menyambut bulan ramadhan 1440 H di rumah dinasnya di Jalan Sudirman KM-6  Prabumulih Timur,Kamis malam (25/4/2019).

Tampak hadir dalam acara tersebut  Plt Sekda Asymuni,WakaPolres Prabumulih Kompol Harris Batara,Kepala OPD,Camat/Lurah ,ratusan undangan dan Puluhan anak Yatim .

Dalam sambutannya,Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya menyebutkan Kegiatan ini adalah dalam rangka mensyiarkan agama yang kita cintai yakni,agama islam.karena menurutnya,siapa lagi yang mensyiarkan kalau bukan kita yang beragama islam.

"Kita patut bangga ,khususnya agama islam .kita bisa sambil berinfaq dan bersedekah menyisihkan rezeki kita",ujarnya.

Ridho juga selalu mengajak khususnya Walikota dan Bupati di Sumatera Selatan untuk berkontribusi dalam mensyiarkan agama yang kita cintai.islam tuturnya,bukan hanya fisik belaka,namun harus diiringi dengan perbuatan.untuk itu jangan sampai orang islam merusak dan menghancurkan agamanya sendiri.

"Memaafkan orang yang salah sama kita memang sulit,namun sangat besar pahalanya.Semoga kedepan akan lahir pemimpin yang yang cinta dengan islam dan melalui perbuatan mampu mendorong kemajuan agama islam itu sendiri",harap Ridho.


Sementara dikesempatan yang sama,H Lukman Hakim Idrus dalam tausyiah nya  mengatakan,Ruwahan maksudnya bersama- sama mendoakan para arwah  keluarga yang telah mendahului kita.menurut ajaran rasullah lanjutnya,tiga hal yang harus dilakukan dibulan syaban yakni,Puasa sunnah,sedakah dan bermaaf-maafkan.

"Kata rasul,jangan diterima puasa orang yang tidak minta maaf dengan orang tuanya,Suami -Istri harus bermanfaat,begitu juga sama tetangga',imbuhnya.

Lebih jauh H Lukman Hakim menambahkan,Allah SWT  menaburkan barokahnya dibulan syaban yang disebut juga bulan pembersih hati dari empat macam penyakit.yaitu,Iri Hati,Tinggi Hati ,Keras Hati dan Keras Hati.

"Karena itu Rasulullah memanjatkan do'a khusus dalam bulan syaban yang isinya"Ya Allah berkahilah kami dibulan syaban ini dan sampaikan lah kami hingga ke bulan ramadhan",tutupnya.

Acara ditutup dengan pemberian santunan Walikota Prabumulih kepada 20 anak yatim yang diundang khusus dikediamannya (Adv).

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.