Header Ads

Plt Bupati Muara Enim Terima Penghargaan Daerah Terbaik Penataan Ruang

MUARA ENIM, SRINE-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Muara Enim  berhasil mendapatkan piagam penghargaan dari Pemprov Sumsel atas keberhasilannya meraih peringkat pertama sebagai daerah terbaik dalam penataan ruang tahun 2019 Se-Sumatera Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H. Mawardi Yahya kepada Plt. Bupati Muaraenim, H. Juarsah, SH pada Rapat Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Sumatera Selatan 2019 di Hotel Novotel, Kota Palembang,  Selasa (26/11/2019).

Pemprov Sumatera Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Provinsi Sumatera Selatan menilai Kabupaten Muaraenim merupakan daerah terdepan dan pelopor dalam penataan ruang dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan.

Kepala Dinas PUBMTR Sumatera Selatan menjelaskan bahwa kriteria penilaian meliputi unsur perencanaan dan kelembagaan. Secara perencanaan, Kabupaten Muaraenim menjadi daerah pertama yang menyelesaikan revisi tata ruang wilayah (RTRW) 2018-2038 dan telah pula disahkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Muaraenim Nomor 13 Tahun 2018.

Saat ini pun Kabupaten Muaraenim sedang melakukan tahapan penyusunan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) 2019-2038. Gerak cepat dan aksi nyata inilah yang menjadi keunggulan Kabupaten Muaraenim dibanding kabupaten/kota lainnya di Sumatera Selatan.

Secara kelembagaan-pun Kabupaten Muaraenim dinilai sangat baik dengan telah terbentuknya Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) yang tidak semua daerah memilikinya. Kemudian pula keaktifan, inisiasi dan koordinasi Kabupaten Muaraenim dengan Dinas PUBMTR menjadi nilai tambah sehingga memungkinkan Kabupaten Muaraenim menduduki peringkat pertama dalam penghargaan penataan ruang daerah ini.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya sangat mengapresiasi dan memberikan selamat kepada Pem Kab Muaraenim atas pencapaian yang telah diraih, sekaligus menghimbau kepada pemerintah daerah lainnya untuk segera melengkapi dokumen tata ruang daerahnya.

Menduduki peringkat kedua setelah kabupaten MuaraEnim yaitu Kabupaten Banyuasin, dan kemudian di peringkat ketiga diraih oleh Kota Pagaralam. (Ed)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.