News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Plt Bupati Muaraenim Teken Kesepakatan Dengan Badan Informasi Geospasial

Plt Bupati Muaraenim Teken Kesepakatan Dengan Badan Informasi Geospasial

Muaraenim, SRINE--: Plt.Bupati Muaraenim , H Juarsah di dampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Muaraenim melakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara  Badan Informasi Geospasial dengan kementrian/lembaga dan pemerintah daerah  , di Aula Utama gedung  Badan Informasi Geospasial,  Cibinong Bogor, Jawa Barat Jum'at (8 /11/2019).

Kepala Geospasial ,Hasanuddin Zainal Abidin, menerangkan, bahwa Untuk mendukung penyebarluasan Informasi Geospasial (IG) kepada khalayak umum sebagaimana yang di atur didalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, kata dia,  Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah daerah kabupaten Muaraenim bersama 16 kabupaten/kota lainnya serta kementrian/lembaga swasta ,Kapolri,BNN dan Universitas Jambi, untuk mencari informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan geopasial dapat membuka portal web internet yakni , geoportal yang terbuka gratis dan bisa didownload.

Dikatakannya, Penandatangan kesepakatan bersama ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Muaraenim dalam hal penyelenggaraan pengembangan pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kabupaten Muaraenim.

" Badan Informasi Geospasial (BIG) menjalin kerjasama dengan Pemkab Muaraenim juga untuk menjawab berbagai kebutuhan informasi geospasial yang tentunya nanti dapat dipertanggungjawabkan," tuturnya.

Zainal menambahkan, kerjasama ini terkait penyelenggaraan, pemanfaatan data dan informasi geospasial oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah kabupaten Muaraenim. Perencanaan pembangunan yang baik dihasilkan melalui proses penyusunan dan analisis berbasis bukti data dan informasi yang akurat yaitu informasi spasial maupun nonspasial.

 Setelah melakukan penandatanganan bersama, Plt Bupati Muaraenim kemudian melakukan pertukaran cindra mata kepada kepala geospasial dan  Menanggapi penandatanganan yang sudah di laksanakan tersebut .


Plt.Bupati Muaraenim, H Juarsah menyampaikan,  bahwa sebagaimana perencanaan pembangunan pada saat ini yang telah banyak menggunakan pendekatan holistik, integratif, tematik, dan spasial yang merupakan upaya pemerintah untuk mensinergikan berbagai program pembangunan antar sektor dengan menyampaikan aspek kewilayahan yang ada di dalamnya,

" Kegiatan ini sangatlah penting dan strategis dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman kita semua guna mewujudkan keterpaduan dan kepastian hukum dalam informasi geospasial sekaligus untuk mendukung program pemrintah pusat  yakni satu data indonesia," tegas Juarsah ( Edward)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar