Weather (state,county)

ads header

Breaking News

Melalui Lomba Kesenian Senjang, Bupati Pali Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

PALI, SRINE  - Kesenian bertutur dengan  irama saat ini perlahan mulai ditinggalkan di masyarakat. Untuk melestarikannya, Bupati Pali Heri Amalindo menggelar  lomba kesenian senjang yang memperebutkan piala Bupati 2020.berlansung di Talang Ojan, kelurahan Talang Ubi Utara kecamatan Talang Ubi, pada  kamis malam (6/2/2020).


Dalam sambutanya, saat membuka lomba kesenian senjang Bupati Pali H. Heri Amalindo menyampaikan, bahwa kesenian senjang sudah mulai terkikis seiring kemajuan arus globalisasi, melalui perlombaan ini kita lebih menghargai dan di harapkan masyarakat kita dapat melestarikan warisan budaya yang ada di kabupaten PALI.


Kita melihat budaya senjang sudah mulai dilupakan. Senjang adalah seni bertutur masyarakat, dalam menyampaikan hal-hal tertentu dengan sikap yang kantin Kata- Kata idolah sedemikian rupa, dengan gaya bertutur yang indah dan sopan, sehingga enak didengar. memang bersenjang tidaklah muda, namun hal ini mengandung nilai-nilai positipnya dan tentu kita patutti dan kita letarikan warisan budaya serepat serasan atau disebut kabupaten PALI ke daerah lain, "ujarnya


Bapak H Heri Amalindo juga mangajak masyarakat kabupaten PALI, untuk mengebangkan kembali budaya senjang, karena kesenian senjang salah satu seni yang cepat di kenal kabupaten PALI kedaerah lain.


Sebagai ketua Pelaksana Fauzi Ahmad mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati PALI, dimana telah mensupotr kegiatan ini dan bersama-sama Melestarikan kesenian daerah kita Ini.


Ia juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bupati dalam mensuport kegiatan yang baik Ini, hingga dapat berjalan dengan lancar, mengingat kesenian senjang telah lama pudar di kabupaten PALI. Adapun peserta terdiri dari lima kecamatan yang ada di kabupaten pali, dimana diikuti sebanyak 71 orang peserta per orang dan juga 10 orang peserta ber pasangan, "ujar Fauzi Ahmad.

Tidak ada komentar