Header Ads

Puteri Indonesia Diharapkan Terus Promosikan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tanah Air

Jakarta,  SRINE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengapresiasi terpilihnya Rr. Ayu Maulida sebagai Putri Indonesia 2020 yang diharapkan promosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Wishnutama Kusubandio usai menjadi juri di malam final Putri Indonesia 2020 pada Jumat (6/3/2020) di JCC Senayan, Jakarta mengatakan, terpilihnya wakil dari provinsi Jawa Timur itu sebagai Puteri Indonesia 2020 akan melanjutkan tongkat estafet dari Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull.

Puteri Indonesia selama ini adalah representasi Indonesia yang akan memperkenalkan kekayaan alam dan budaya yang jadi kekuatan pariwisata tanah air serta ekonomi kreatif ke dunia internasional.

Selain Menparekraf turut hadir sebagai juri di acara tersebut, adalah Puteri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra, Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, serta Miss Universe 2015 Pia Alonso Wurtzbach.

"Puteri Indonesia tidak sekadar sebagai ajang kecantikan, lebih dari itu, Puteri Indonesia secara konsisten menghadirkan wakil-wakilnya menunjukkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan alam, budaya dan ragam kekuatan produk kreatifnya," kata Wishnutama.

Di kesempatan itu, Wishnutama sempat melontarkan pertanyaan kepada finalis dari Nusa Tenggara Timur, Angel Virginia Boelan di babak 6 besar.

Wishnutama mengatakan, tidak hanya pemenang, seluruh finalis Puteri Indonesia lewat tiga kekuatan utama yakni _brain_, _beauty_, dan _behaviour_ diajak untuk terus menanamkan akar yang kuat terhadap generasi muda Indonesia untuk mencintai budaya nusantara.

"Sehingga nantinya bersama pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mereka bisa terus memperkenalkan berbagai keindahan seni dan budaya tanah air ke dunia internasional. Serta tidak ketinggalan mendorong masyarakat untuk mencintai produk ekonomi kreatif lokal sehingga terciptanya ekosistem yang baik dalam perkembangan ekonomi kreatif tanah air," kata Wishnutama.

Malam Final Puteri Indonesia 2020 mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT) bertajuk _Colorful East Nusa Tenggara_. Tema ini dipilih sebagai bentuk dukungan Yayasan Puteri Indonesia terhadap program pemerintah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yakni memperkenalkan Labuan Bajo di NTT, sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Video _opening_ malam final Puteri Indonesia 2020 juga sebelumnya dilakukan di Labuan Bajo.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia Putri Kis Wisnu Wardani sebelumnya mengatakan, melalui pemilihan Puteri Indonesia 2020 juga menjadi ajang promosi destinasi wisata di Indonesia. Khususnya wisata budaya karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa.

"Puteri Indonesia diharapkan berperan aktif menjadi jembatan bagaimana mengembangkan daerahnya nanti, terutama kaitannya dengan pariwisata Indonesia. Mereka diharapkan lebih mengenal dan mencintai kekayaan alam budaya daerahnya sehingga dapat berperan serta dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif baik di lingkup nasional bahkan internasional," ungkap Putri Kus Wisnu Wardani.

Dalam babak tiga besar, Ayuma dengan ketenangannya mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri soal apa arti kebahagiaan. Ia kemudian menjawab bahwa kebahagiaan buatnya adalah bagaimana bersyukur atas jati diri, kekurangan dan kelebihan, dan segala kesuksesan dan kegagalan yang terjadi.

"Bagaimana kita dapat bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita. Bagaimana kita selalu bersyukur atas cobaan, jatuh dan bangunnya karena itulah yang menjadikan kita menjadi orang yang sukses. Dan orang yang sukses adalah orang yang selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata dia.

Rr. Ayu Maulida atau yang akrab disapa Ayuma kemudian disematkan mahkota Borobudur oleh Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull dan selempang oleh Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi.

Dengan keberhasilan ini, Ayuma akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Universe mendatang.

Sementara Runner Up 1 yang juga sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati akan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2020. Serta Runner Up 2 yang juga sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira Chedid, akan mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2020.

*Agustini Rahayu*
*Kepala Biro Komunikasi*
*Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif*

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.