Header Ads

Hammpitara Gelar Diskusi Pendidikan di Era New Normal Secara Virtual


PALEMBANG,SRINE –  Peranan Manajemen Pendidikan Islam Terhadap Problematika dalam Proses Pendidikan di Era New Normal menjadi tema sentral diskusi virtual, digagas Hammpitara dan Mahasiswa MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Rabu (24/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Diskusi online yang digagas Hammpitara ini dibuka langsung Kaprodi Magister MPI Dr. Ermis Suryana, M.Pd.I. Hadir pula Drs. Saiful M. Nuh, M.Pd.I Ketua Hammpitara dan Sekretaris Prodi MPI Dr. M.Win Afgani, M.Pd.

“Diskusi ini sangat baik untuk dikaji secara akademik terkait tema Peranan Manajemen Pendidikan Islam Terhadap Problematika dalam Proses Pendidikan di Era New Normal. Bagaimana respon dunia pendidikan dalam menyikapi new normal bidang pendidikan ini,” ujar Saiful M. Nuh. Masih kata dia, apa yang menjadi diskusi hari ini, mampu memunculkan isu-isu penting dalam implementasi pendidikan Islam.

Sementara Kusumawati, M.Pd pengurus Hammpitara menambahkan, diskusi online ini menggunakan link virtual UIN Raden Fatah Palembang. Banyak hal yang berkembang dalam diskusi tersebut, tentunya menjadi sarana dalam menggali isu-isu hangat dalam menyikpai masa pendemi Covid-19. Setidaknya kata dia, dampak pandemi ini mengakibatkan munculnya kebijakan pemberlakuan new normal.

Nah kata dia, kebijakan new normal ini juga berlaku pada bidang pendidikan, bagaimana lembaga pendidikan menyikapi sekaligus mengimplementasikan program tersebut denga berbagai problematika di dalamnnya.

Wanita yang akrab disapa Kusuma ini mengatakan, dunia akademik tentunya merespon berbagai isu maupun kebijakan yang dihadapi dunia pendidikan. Dengan begitu, muncul pemikiran serta solusi yang diharapkan dapat memberi pengaruh pada tatanan kehidupan baru ini.

Ia yang juga sebagai moderator diskusi menyebutkan, pada diskusi online ini menghadirkan empat panelis diantaranya Dr. Afriantoni, M.Pd.I, alumni MPI sekaligus dosen Prodi MPI mengangkat tema "Skenario Pendidikan di Era  New Normal", selanjutnya Agung Kurniawan, M.Pd, alumni Magister MPI, dosen di STIA Al Latiffiyahmembawakan materi “Siapkah Sekolah Masuk ke Era New Normal Pendidikan di Tahun Ajaran Baru?"

Kemudian Nur Sodik, S.Pd mahasiswa magister MPI menyampaikan materi "Sistem Pendidikan Jarak Jauh Efektifkah? dan Tiya Anggita, S.Pd.I mahasiswa Magister MPI  mengangkat tema "Inovasi Guru dalam Pembelajaran di sekolah Era New Normal". “Dalam diskusi ini dilengkapi notulen oleh Sri Utami, S.Pd Mahasiswa MPI. Banyak hal yang berkembang dalam diskusi ini, tentunya diskusi etrsebut bisa dikembangkan melalui diskusi berikutnya,” ucap Kusuma. (rel/hms/fs/asa/01)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.