Header Ads

Ridho : Perangkat Desa Harus Lebih Inovatif Dalam Gunakan Dana Desa Demi Kesejahteraan Masyarakat

PRABUMULIH, SRINE-- Kehadiran Badan  Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan mampu mendorong meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya masing-masing..

Untuk itu , BPD harus lebih berperan lebih maksimal dalam berinovasi menciptakan program-program  sebagai kerangka pembangunan di desa.

Hal ini dikatakan Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya usai melantik anggota BPD Desa Tanjung Telang Kecamatan Prabumulih Barat dan Desa Rambang Senuling Kecamatan Rambang Kapak Tengah,di Ruang Rapat lantai 1 Gedung Perkantoran Pemerintah Kota Prabumulih, Rabu (29/7/2020).

" Dana desa sifatnya stimulan, dan jika kedepan dana desa tidak ada lagi diharapkan masyarakat sudah ada mata pencarian dan tidak susah lagi," tuturnya.

" Jangan sampai Hp bagus, kesing bagus tapi tidak ada pulsa. Artinya jalan mulus semua, gas sudah masuk, namun masyarakat nya masih miskin,, Jangan sampai begitu," lanjut Ridho Yahya.

Dijelaskan Ridho,  dalam penggunaan nya dana desa harus seimbang antara pembangunan fisik dan pembrrdayaan masyarakat. Hal ini menuntut kades dan perangkat desa untuk lebih kreatif dan berinovasi.

" Misal nya sewa organ tunggal. Dalam setahun modal kembali dan selanjutnya bisa menghasilkan uang. Jangan lapangan futsal semua, siapa lagi yang mau sewa futsal," imbuhnya.

Program itu menurut suami Suryanti Ngesti Rahayu tidak melulu harus menghasilkan uang, disisi lain ada program yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

" Seperti, pemasangan lampu jalan tenang surya (matahari)," ujarnya.

Senada dengan itu, Camat Rambang Kapak Tengah ( RKT),Satria Karsa berharap agar anggota BPD yang baru dilantik dapat bekerjasama dalam mendukung program pemerintah sesuai ketentuan yang ada.

" Semua program pemerintah dari desa ,kecamatan hingga kota harus didukung. Dan kita dipilih karena amanah. Maka rangkullah pihak yang kalah sehingga kondusifitas di desa masing-masing bisa tercipta," bebernya.

Sementara itu , Rusman YS Kades Rambang Senuling, Kecamatan RKT, Kota Prabumulih, Sumsel berharap agar anggota BPD yang baru dilantik selama 6 Tahun kedepan dapat bekerja sama dalam  menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat.

" Kedepan kita programkan peremajaan ratusan hektar  kebun karet eks PPKR milik warga yang di nilai sudah tidak produktif lagi,. mekanisme mungkin melalui kredit," tandasnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.