Header Ads

Dihadiri Gubernur Sumsel, Perayaan Hut Prabumulih Berlangsung Sederhana dan Khidmat


PRABUMULIH,SRINE-- Hari ini 17 Oktober 2020 Kota Prabumulih memperingati Hari lahirnya ke 19. Meskipun berlangsung sederhana dalam suasana pandemi, namun perayaan tetap hikmad dan meria di dukung penerapan protokol kesehatan yang ketat..

Setiap orang di wajibkan pakai masker,jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun di tempat yang telah disiapkan.

Beberapa kegiatan rutin seperti pameran,malam hiburan mengundang artis dan pawai di tiadakan.

Seperti biasa, Hut Prabumulih ditandai dengan sidang paripurna DPRD Prabumulih  yang di pimpin Ketua DPRD Sutarno didampingi Wakil Ketua I Ahmad Palo dan Ketua II Dipe Anom. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel ,H Herman Deru, Walikota Prabumulih,H Ridho Yahya dan Wakil Walikota Prabumulih,Andriansyah Fikri, Forkompinda,Kepala OPD dan Undangan lainnya.


Dalam sambutannya Walikota Prabumulih,H Ridho Yahya menyampaikan  program strategis pembangunan Kota Prabumulih tahun 2020-2023 diantaranya, Pelebaran jalan Sudirman 2 jalur,  Pelebaran jalan Tugu batas kota hingga Desa Pangkul- Tugu Air Mancu (6,2 KM) ,Pelebaran Jalan Basuki Rahmad dari Tugu Tani Jalan Lingkar Tanjung Raman- Exit tol Palembang-Bengkulu di Desa Karangan  Kecamatan RKT (5 Km).

" Fly over patih galung dan Akamigas.sebetulnya Prabumulih sudah hampir rampung  ,sekitar 90 persen," kata Ridho.

Gelontoran dana segar dari pusat dan provinsi sangat di butuhkan untuk pembangunan Prabumulih kedepan. Ridho juga berharap di usia ke-19 tahun kota Prabumulih ini menjadi momentum kebangkitan Prabumulih meskipun di jaman pandemi.

" Pemerintah Kota Prabumulih selalu berusaha agar kehadiran nya selalu bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Meskipun di tahun 2021 Apbd Prabumulih hanya 800 M dengan belang modal 80 M.Untuk itu kami sangat berharap dukungan pemerintah provinsi," tegasnya.


Gubernur Sumatera Selatan,H Herman Deru menegaskan bahwa perayaan hari ulang tahun harus tetap dilaksanakan meskipun kondisi pandemi  sebagai bahan evaluasi apa yang telah dilakukan dan apa yang wajib diperjuangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

" Untuk itu dibutuhkan sinergitas legislatif,Ekskutif, dan instansi vertikal.namun yang tak kalah penting adalah semangat masyarakat yang dapat menjadi episentrum getaran dalam memicu pesatnya pembangunan di Prabumuluh," ujar Deru.

Deru juga mengapresiasi  pola penanganan covid -19 di Prabumulih. Meskipun fluktuatif lanjutnya, namun tetap bisa terkendali.


" Namun semua itu ada hikmahnya.seperti bank sumsel babel menjadi salah satu bank yang tidak ada penurunan di saat pandemi," katanya.


Prabumulih terkenal dengan kota kaya minyak dan gas tersohor tidak hanya di tingkat nasional ,malah terkenal hingga ke luar negeri.


" Karena banyak perusahaan minyak besar luar negeri .Jadi biaya hidup di Prabumulih terkenal tinggi,padahal Prabumulih hanya memiliki apbd yang pas-pasan," sambung Deru.


Lebih jauh Deru mengungkapkan, Kondisi Prabumulih yang hanya mengandalkan kota persinggahan membutuhkan sentuhan wisata yang kuat seperti budaya dan kuliner.



" Prabumulih Kota besar belum desa lewat Jadi Kedepan harus ada simbol simbol kecil kearifan lokal agar Prabumulih mempunyai identitas," tandasnya.


Sementara terpisah,Wakil Ketua I DPRD Prabumulih,H Ahmad Palo menyambut baik baik bantuan lift yang dijanjikan Gubernur Sumsel bagi gedung Drpd Prabumulih.


" Namun alangkah baiknya di kondisi seperti ini bantuan diberikan kepada program yang lebih prioritas atau yang lebih membutuhkan,"kata Palo.


Palo juga menyebut jika Hut Kota Prabumulih tahun ini menjadi momentum untuk membangun museum budaya agar anak cucu kedepan bisa belajar dan mengetahui asal usul dan budaya Prabumulih.


"  Sehingga Hut Kota Prabumulih tidak hanya sekedar perayaan.namun lebih dari iti generasi penerus kita bisa belajar kearifan lokal juga," tandasnya pria yang juga menjabat sebagai Ketua Partai PPP Prabumulih .


Setelah paripurna, selanjutnya H Deru dan rombongan meninjau jalan  Tanjung Miring Jungai,memberkan bantuan korban angin puting beliung dan rumah tidak layak huni

Dan selanjutnya Gubernur bertolak je Lubuk Linggau yang juga merayakan hari jadinya.


Kegiatan Hut Kota Prabumulih selanjutnya Isbath Nikah 347 pasang pengantin di Pendopoan rumah dinas walikota Prabumulih.(Ad).

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.