Header Ads

KIP Sumsel Audiensi UU Keterbukaan Informasi Publik Bersama Walikota Prabumulih


PRABUMULIH, SRINE - Komisi informasi Publik Sumatera Selatan (KIP Sumsel) siang kemarin, Kamis (05/11/2020) mendatangi Kantor Walikota Prabumulih. Rombongan tersebut berjumlah 10 orang terdiri dari Komisioner, Kepala Bidang dan staff ahli.

Dengan mengenakan pakaian batik warna biru kombinasi hitam, KIP Sumsel di dampingi Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih Drs. Mulyadi Musa, M.Si langsung memasuki ruangan Walikota Prabumulih Ir, H. Ridho Yahya MM. 

Diketahui, kedatangan rombongan yang beberapa waktu lalu baru dilantik Oleh Gubernur Sumsel Herman Deru itu ternyata ingin beraudiensi dengan Pemerintah Kota Prabumulih mengenai keterbukaan informasi publik menyangkut penananggulangan Covid-19 di Bumi Seinggok Sepemunyian.

Rombongan KIP Sumsel yang dipimpin Muhammad A Koni Kunci ini mengungkapkan bahwa kehadiran mereka di Pemkot Prabumulih ingin bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota Prabumulih sekaligus mengajak kerjasama untuk mensosialisasikan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik 


"Selain mensosialisasikan UU Keterbukaan informasi publik, kunjungan kami juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari amanah menjalankan tugas yang diemban selama masa kerja dalam 5 bulan terakhir ini. Dari hasil pertemuan tadi kami menilai keterbukaan informasi publik di Kota Prabumulih sudah cukup bagus. Hal itu dapat kita lihat dari upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19" ujarnya.


Dikatakannya,  dewasa ini keterbukaan informasi publik telah menjadi kebutuhan. "Keterbukaan informasi publik dewasa ini telah menjadi kebutuhan. Kami berharap kehadiran kami mampu mengedukasi masyarakat Kota Prabumulih menyangkut peran dan fungsi kami sebagai KIP serta memahami prosedurnya. Tugas Komisi Informarsi selain penguatan kelembagaan juga ada sosialisasi dan edukasi. Maka kami merasa fungsi kami sebagai Komisi Infirmasi tidak lengkap jika tidak menggandeng Pemerintah Kota dan Kabupaten di Sumsel sebagai rekanan untuk mensosialisasikannya" pungkasnya.


Sementara itu, Walikota Prabumulih Ir, H. Ridho Yahya MM yang dikonfirmasi terpisah menyambut baik kedatangan KIP Sumsel berkunjung ke Pemkot Prabumulih. Selaku Kepala Daerah di Kota Prabumulih Ridho Yahya mengaku keterbukaan informasi Publik di Kota yang dipimpinnya itu sudah tidak diragukan lagi.


"Pemkot Prabumulih saat ini juga terus berupaya untuk memenuhi tuntutan keterbukaan informasi publik juga menyangkut langkah dan kinerja pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Prabumulih serta program kerja yang sedang berlangsung baik dalam proses perencanaan. Sebab keterbukaan informasi publik dewasa ini merupakaan tuntuntan masyarakat" pungkasnya. 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.