News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Cambai Gandeng PMI Prabumulih Gelar Donor Darah

PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Cambai Gandeng PMI Prabumulih Gelar Donor Darah


PRABUMULIH,SRINE-- Majelis Pimpinan  Cabang ( MPC) Pemuda Pancasila ( PP) wilayah Kota Prabumulih kembali menggelar kegiatan sosial.


Kali ini melalui Pimpinan Anak Cabang ( PAC) PP Kecamatan Cambai yang menggelar bhakti sosial donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis di Pasar Tradisional Kelurahan Cambai,Kecamatan Cambai,Kota Prabumulih,Sumsel, Senin (30/11/2020).


" Kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis ini digelar dalam rangka memperingati hari pahlawan ,meskipun sudah lewat namun semangatnya tetap terasa,.Alhamdulillah terkumpul 20 kantong darah," ucap Ketua PAC PP Cambai,Dedi Aryanto kepada wartawan.


Tidak hanya batas itu, Dedi juga mengaku bahwa pihaknya juga melaksanakan lomba memasak dengan menggunakan bahan baku kearifan lokal.


" Jadi lomba masaknya berbahan dasar kearifan lokal seperti ubi," lanjutnya.


Dedi berharap kedepan agar Pemuda Pancasila lebih meningkatkan kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan.


" PP akan berupaya hadir untuk selalu membantu warga yang membutuhkan agar selalu  berada di hati masyarakat,terkhusus di Kelurahan cambai," tegas nya.


Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Majelis Pimpinan Cabang ( MPC)  PP Kota Prabumulih,Rifki Baday, Sekretaris Satria  Muda dan Bendaharanya Hendri SE.


Bahkan berdasarkan pantauan,Ketua MPC PP Prabumulih turut langsung mendonorkan darahnya.



Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI ( Palang Merah Indonesia) Kota Prabumulih,dr Murwani Emarissa Latifah menyebut bahwa stok darah yang ada di UPTD Rsud Prabumulih sangat kurang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.


"  Pada tahun 2019 terkumpul 4 ribu kantong darah, sementara di 2020 hanya terkumpul 400 kantong darah,mungkin karena ada pandemi covid-19," ujarnya.



Maka itu, lanjutnya, PMI Kota Prabumulih sangat mendukung kegiatan positif seperti ini guna memenuhi kebutuhan darah masyarakat.


" Ini merupakan tantangan bagi PMI. kedepan pasti ada program gebrakan dari PMI sebelumnya,bukan hanya bagi orang tua,tapi bagi anak muda juga," imbuhnya.


Putri sulung Walikota Prabumulih ini berpendapat,selain banyak mitos-mitos yang salah beredar di tengah masyarakat,penurunan ini juga disebabkan oleh faktor minimnya edukasi yang diterima anak-anak mudah tentang donor darah.


"  Sehingga orang terutama anak muda banyak yang takut mendonorkan darahnya,takut sakitlah.

Padahal banyak sekali manfaat donor darah.seperti, badan menjadi sehat, memicu produksi darah segar dan membakar kalori. Satu kali donor 1000 kalori yang terbakar,ini fakta. Ayo para kawula muda jangan takut mensedekahkan darahnya dalam membantu sesama," kata Rissa.(ad)


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar