News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Tak Punya Anggaran, Nopi Taruna : Di Bronjong Semeter Pertahun Jadilah

Pemkab Tak Punya Anggaran, Nopi Taruna : Di Bronjong Semeter Pertahun Jadilah


Baturaja ,Sriwijayanews| Belasan tahun usulkan agar dibangun penahan arus sungai, hingga kini tak kunjung di kabulkan.


Kepala Desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu meminta Pemerintah Daerah menganggarkan pembangunan bronjong penahan arus sungai satu meter pertahun. 


Hal ini ditegaskan Novi Taruna yang sudah menjabat 3 periode sebagai Kades Peninjauan khawatir Desanya akan habis tergerus sungai. 


"Kalau mengusulkan bronjong penahan arus sungai sudah 11 tahun ini, baik itu secara tertulis, maupun secara lisan kepada Bupati,"kata Novi saat mendampingi Plh Bupati OKU Edwar Candra meninjau tanah longsor di Desa Peninjauan Sabtu sore (17/04/2021).


Namun kenyataannya kata Novi,  usulan yang disampaikan baik lisan maupun tertulis tersebut tak pernah di akomodir oleh Pemkab OKU dengan alasan anggaran tidak cukup. 


"Kalau memang anggaran Pemkab tidak cukup untuk membangun dalam satu tahun anggaran, minimal Pemda mengangarkannya secara bertahap,  paling tidak satu meter pertahun lama kelamaan akan selesai juga,"ungkapnya kepada Plh Bupati OKU.


Menurut Novi jika keluhan masyarakat ini dibiarkan terus dengan alasan yang sama, dikhawatirkan Desa Peninjauan akan hilang sebelah tergerus sungai. 


"Kalau selalu beralasan tidak cukup anggaran, kami khawatir desa kami akan hilang sebelah tegerus sungai,  ucap Novi seraya memperlihatkan tanah longsor yang semakin menggerus rumah warga. 


Dampak dari tanah longsor akibat tergerus sungai tersebut jelas Novi, ratusan rumah warga sepanjang desa Peninjauan nyaris ambruk kesungai. 


"Kami minta kepada pemangku kebijakan dapat memberikan solusi untuk warga Desa Peninjauan,"harap Novi. 


Kepala Dinas PU Bina Marga Pemkab OKU Chandra Dewana yang mendampingi Plh Bupati OKU Edwar Chandra mengatakan untuk membangun bronjong tersebut dananya tidak sedikit. 


"Desa Peninjauan ini sebelumnya pernah di bangun bronjong dengan menggunakan batu karang, tapi tidak bertahan lama,"kata Chandra Dewana. 


Untuk itu Desa Peninjauan ini mestinya dibangun penahan yang menggunakan paku bumi,"Kalau menggunakan bronjong biasa tidak akan bertahan lama, namun jika untuk dibangun seperti di Desa Belatung biayanya cukup banyak,"kata Chandra. 


Chandra Dewana menambahkan, bronjong atau talud desa Belatung bukan Pemda yang membangun,"Dulu waktu membangun penahan sungai di Desa Belatung didanai oleh pusat, bukan pemkab,"terang Chandra. 


Plh Bupati OKU Edwar Candra sangat prihatin dengan kondisi Desa Peninjauan yang semakin hari semakin menyempit akibat longsor tergerus sungai. 


"Kondisi ini harus dicarikan solusi, kalau memang daerah tidak mampu, bila perlu kita undang pihak Kementerian PU agar apa yang kita sampaikan nanti dilihat langsung,"kata Edwar.


Lanjut Plh Bupati, dengan mengundang pihak kementerian dari pusat, nantinya pembangunan yang tidak mampu dibiayai oleh daerah agar bisa diakomodir dengan dana pusat. 


"Semoga ada solusi untuk membangun penahan sungai ini,  dan kepada warga yang bermukim di sepanjang sungai ogan, agar waspada cuaca ekstrim, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan,"pungkas Edwar. 


Dalam kunjungan kerja Plh Bupati OKU Edwar Candra sebelumnya meninjau rumah warga yang longsor di Desa Kedondong, dan memberikan bantuan kepada pemilik rumah baik itu didesa Kedondong maupun di Desa Peninjauan. (Rud)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar