News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ridho Yahya Ungkap Tiga Faktor Penunjang Kesehatan

Ridho Yahya Ungkap Tiga Faktor Penunjang Kesehatan


Prabumulih, Sriwijaya News- Pemerintah Kota Prabumulih mengandeng Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang menggelar koordinasi Lintas Program ( LP) dan Lintas Sektor ( LS) terkait program kota sehat.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Kesenian Rumah Dinas Walikota tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, H. Fery Fahrizal, SKM., M.KM. kepala Dinas Kesehatan Prabumulih dr Happy Tedjo TS MPH, Direktur RSUD Prabumulih, dr. Hesty Widyaningsih dan Mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya.

Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengungkaokan bahwa ada 3 faktor penunjang kesehatan yang patut dimiliki agar dapat menuju kota sehat.


“Kalau kita berbicara kota sehat, kita minta kota sehat itu bukan hanya orangnya yang sehat. Namun, lingkungannya juga sehat, kalau rumah kumuh dan lingkungan tidak sehat tentu percuma. Itulah makanya kita adakan program bedah rumah,” terang walikota , Kamis (23/12/21).

Selanjutnya Ridho Yahya menekankan ada 3 faktor penunjang untuk menuju kota sehat itu.

Ada 3 faktor penunjang menuju kota sehat yakni, orangnya sehat, lingkungan sehat dan mental yang sehat,” ujar Ridho Yahya.

“Kalau lingkungan sudah sehat. Namun, otak dan mentalnya tidak sehat bagaimana, termasuk yang tadi include nya badan harus sehat, kita juga punya program pembelajaran Sholat dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) sebagai pendidikan mental, pendidikan rohani,” lanjut walikota lagi.

Saat disampaiakn masih adanya kelurahan yang belum memiliki fasilitas WC pribadi di rumahnya, sehingga masih ada yang berak sembarangan, yakni di RW 01 kelurahan Karang Raja, beliau mengatakan silahkan laporkan dan akan ditindak lanjuti.


“Ya dilaporkan, kita ada anggarannya 200 juta untuk membenahi itu, tapi bagusnya berkelompok biar mudah mengatasinya,” pungkas walikota Ir. H Ridho Yahya MM.


Sementara itu, Kabid Kesmas. Sumsel Fery Fahrizal SKM.,MKM menyampaikan dalam kata sambutannya. Pekerjaan Rumah kota Prabumulih saat ini ada 2. Yakni bagaimana mengentaskan permasalahan Stunting dan kedua memetik hasil dari apa yang telah diperbuat.


“Tadi kita berbincang dengan pak Walikota, dan kita sampaikan permasalahan di kota Prabumulih ini ada 2, pertama menuntaskan program Stunting, dan kedua memetik hasilnya. Artinya kedepan, Prabumulih dapat meraih penghargaan sebagai kota yang sehat,” ungkap Fery Fahrizal.


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar