News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gorong- Gorong Sungai Sungsang PALI Terancam Ambruk

Gorong- Gorong Sungai Sungsang PALI Terancam Ambruk

PALI, SRINE.COM- Gorong - Gorong Sungai Sungsang yang terletak di jalan protokol km 9 Talang Kelapa, kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan, (Sumsel) kondisinya kini sangat mengkhawatirkan dan bisa terancam ambruk apabila tidak cepat diperbaiki. 

Pasalnya dari sisi hulu sungai telah terdapat keretakan yang cukup besar, bahkan sudah tampak mengangah lobang dan sedikit menurun coran yang terbuat dari adukan semen itu.sedangkan dari sisi badan jalan, sudah mulai terlihat retak -retak seperti garisan kecil yang sewaktu waktu bisa melebar, karena pondasi lantai makin labil diterjang derasnya arus air. 

Berdasarkan penuturan dari beberapa warga yang melintasi jalan itu, diduga menurunya saluran air itu, diakibatkan oleh derasnya arus air sungai sungsang yang sempat meluap membanjiri badan jalan beberapa bulan terakhir ini, sehingga mengakibatkan lonsor disisi permukaan Gorong Gorong, padahal saluran air tersebut, sudah diperbaiki oleh pihak pemda, yang dikerjakan oleh pihak ke tiga, namun sepertinya tidak mampu menahan derasnya hempasan air sungai itu. " Sejak beberapa bulan terakhir, air sungsang ini meningkat volumenya, kemarin saja sempat banjir, padahal sudah dinormalisasi oleh pihak pemerintah kabupaten PALI, 

saya kira penyebab menurutnya Gorong Gorong ini, adalah akibat arus air yang terlalu deras, sehingga dinding gorong-gorong itu tidak mampu menahan debit air," tutur Samsul (45) salah satu warga , kamis (4/1).

 Sementara Idris Dendi, ketua Rt.17 Rw 04, Kelurahan Handayani Mulya mengakui adanya penurunan pada fisik Gorong Gorong itu, dirinya berujar, beberapa waktu lalu diatas permukaan saluran air tepatnya disebelah hulu sungai tersebut, pernah mengalami hal yang serupa, namun cepat diperbaiki oleh pihak Dinas Perkerjaan Umum kabupaten PALI, melalui pihak ketiga, tetapi sepertinya kini kembali jebol.

 " Saya lihat beberapa bulan yang lalu, persis ditempat yang jebol itu, pernah diperbaiki, tetapi kini coba lihat sendiri keadaanya, sudah rusak dan mengkhawatirkan, karena jalan ini merupakan jalan lintas, banyak dilalui kendaraan berat, kalau tidak cepat diperbaiki Gorong Gorong ini bisa terancam ambruk, " singkatnya. (ST)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar