News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jalur Satu Arah Tuai Polemik, Ini Kata Tokoh Masyarakat Gumai

Jalur Satu Arah Tuai Polemik, Ini Kata Tokoh Masyarakat Gumai

Lahat, SRINE.Com-- Terkait uji coba Jalur satu arah( One Way) yang berada dilokasi pasar lama sampai simpang empat pasar lematang dan telah dilaksanakan oleh Dishub dan Satlantas Polres Lahat, namun menuai polemik dengan hasil Rapat  Dengar Pendapat DPRD komisi III yang ditandatangani wakil Ketua 1 DPRD Sri Marhaeni Wulansih SH  pada tanggal 25 Februari dengan mendapat Keputusan tiga Poin . Terhadap Penguna Jalur One Way diperlukan adanya aturan payung hukum, Jalur One Way segera ditutup dan dikembalikan seperti Semula,Mempersilakan Dishub berkordinasi dengan pikak terkait dan secepatnya melaksanakan keputusan Rapat dengar Pendapat (25 /2/2019).

Hingga sampai saat ini Satlantas dan Dishub tetap memberlakukan jalur satu arah one way dan tidak terpengaruh oleh Surat Keputusan Rapat DPRD Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, yang salah satu poinnya menyatakan uji coba jalur satu arah atau one way dari Pasar Lama sampai Simpang Empat Pasar Lematang sementara ditutup dan dikembalikan seperti semula.

“Pelaksanaan uji coba one way yang kami lakukan saat ini akan berhenti kegiatannya pada tanggal 3 Maret 2019 karena telah terjadwal sesuai dengan keputusan hasil Notulen rapat dengan Bupati Lahat ," kata Kasat Lantas Polres Lahat, AKP. Rio Artha Luwih SIK.,

Hal ini juga disampaikan salah satu Peserta Rapat Yoga Firdiansyah SSTP.MSI Lurah Pasar Baru saat dikonfirmasi  awak media via telp (28/2) tentang hasil RapatTim Gabungan Satlantas , Danpom Pol PP , Dishub, Lurah juga pihak terkait lainya  terkait uji coba jalur satu arah satu arah jalan tersebut,

Disamping itu juga kasat lantas Polres  Lahat, Rio berharap ada tangapan masyarakat pengguna jalan yang sering melintas di jalur uji coba satu arah untuk memberikan tanggapan atau aspirasi selama uji coba berlangsung, untuk diakomodir.

 “Karena pelaksanaan one way ini baru tahap uji coba. Nanti kami akan rapat koordinasi dan evaluasi untuk membahas tanggapan dan aspirasi masyarakat itu. Barulah hasilnya menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut,” ujar Rio.

H.Erlansyah Rumsyah SE.MM Salah satu Tokoh masyarakat Gumai Talang dan juga penguna Jalan raya mengatakan dengan adanya uji coba jalur satu arah One Way menurutnya Tidak harus diperdakan karna cukup dengan adanya perbup, Tapi harus ada kajian khusus juga harus memiliki dampak Positif maupun  dampak Negatifnya.

 Positifnya kata dia, ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di rel penyebrangan pasar belande dan pasar lame dan menjamin keselamatan pengendara roda dua dan roda empat bila terjadi kepadatan di perlintasan KA.

 "Ada juga Negatifnya,
Bila diteruskan kota terlihat semeraut dgn parkir kendaraan kurang tertata rapi dan kota terlihat sempit dengan jalan sdh satu jalur namun masih ada pembatas ditengah -tengah jalan.
Kiranya semua perlu perencanaan yang matang dan melibatkansemua pihak,"Tandasnya. (Idham)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar