News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Shodiq, Himbau Kades Salurkan Rastra Sesuai Kondisi Ekonomi Warga

Shodiq, Himbau Kades Salurkan Rastra Sesuai Kondisi Ekonomi Warga


Kayuagung, SRINE.com-Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), M Dja’far Shodiq mengimbau, kepada kepala desa di wilayah Kabupaten OKI agar mendata calon penerima bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) sesuai dengan keadaan ekonominya.

Ditegaskan pula, agar jangan sampai ada kelurga kades yang seharusnya tidak layak masuk sasaran bantuan tapi malah menerimanya.

“Kalau ada keluarga kades yang masuk, laporkan ke saya. Bila perlu saya yang memberikan bantuan,” kata Shodiq, saat memimpin rapat koordinasi penerimaan bansos rastra di Kantor Bupati OKI, pada beberapa waktu lalu.

Bila perlu, lanjut Shodiq di rumah-rumah penerima ini diberikan merk penerima bansos rastra. “Kades juga jangan malu memasang ini merk,” ujarnya.

Dari pertemuan ini, Shodiq mengharapkan dapat menghasilkan data yang valid dan bisa tepat sasaran. Dengan begitu, program-program untuk mengentaskan kemiskinan ini dapat terealisasi dan angka kemiskinan semakin berkurang.

Selain itu, Shodiq juga mengajak masyarakat, agar menghilangkan budaya merasa miskin. Pasalnya, berdasarkan dari pengalamannya saat menjabat sebagai kepala desa, kerap adanya warga yang berebut ingin mendapatkan dan menjadi sasaran penerima rastra.

Ditambahkan Sekda OKI, Husin, bahwa, terkait penyaluran manfaat rastra ini sudah ada kerja sama antara Kementerian Sosial dengan Polri agar penyaluran ini benar-benar tepat sasaran. Untuk itu dirinya menegaskan, dalam menentukan sasaran penerima ini dapat mengacu pada aturan-aturan yang sudah ditentukan.

“Jangan sampai ketidaktahuan membawa masalah, karena ketika ada penyimpangan tim penegakan hukum akan bergerak. Kades juga jangan sampai ada main mata dalam menentukan data penerima, untuk itu Wabup juga menegaskan jika ada keluarga kades yang masuk daftar, tapi sebenarnya tidak, itu harus ditegaskan,” ujarnya.

Dirinya juga mengimbau agar setelah rapat ini, para camat dapat segera mengumpulkan kades dan lurah untuk menentukan calon penerima.

“Pastikan ini sampai kepada kades, dan menentukan siapa penerima yang sebenarnya,” tegasnya.

Menurutnya, program ini adalah untuk menyejahterakan masyarakat karena masalah kesejahteraan ini sangat beriringan dengan keamanan.

“Ketika ada banyak masyarakat miskin, ini akan berimbas pada keamanan, kriminalitas,” tambahnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sosial OKI, Amirudin mengungkapkan, jumlah penerima bantuan rastra berjumlah 56.175 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 18 kecamatan, dan ini masih sama dengan data tahun sebelumnya. Yang menjadi tugas saat ini adalah verifikasi data terkait penerima.

“56.175 ini jumlah penerima, sedangkan jumlah Basis Data Terpadu (BDT) jumlahnya ada lebih 85 ribu. Jadi nanti akan diverifikasi apakah para penerima ini masih layak menerima,” katanya.

Masih kata Amirudin, yang disayangkan saat ini, masih banyak masyarakat yang mampu, namun berbondong-bondong untuk mendapatkan bantuan, ketika mendengar rastra akan disalurkan.

“Kami memohon jangan bangga jadi masyarakat miskin dan jangan bangga dapat bantuan. Mestinya malu kalau memang tidak layak dibantu,” tandasnya

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar