News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Wabub Soemarjono Buka Musrembang RKPD PALI Tahun 2023

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Wabub Soemarjono Buka Musrembang RKPD PALI Tahun 2023


PALI, Sriwijaya News-- Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  H Soemarjono membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 bersama Kepala OPD terkait di Aula Kantor Bupati PALI, Kamis (31/3/2022).


Wabup PALI H Soemarjono menerangkan bahwa fokus pembangunan Tahun 2023 adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui program pembangunan strategis dan prioritas.



" Musrenbang ini bertujuan mengakomodir kepentingan masyarakat sesuai kemampuan daerah Sekaligus wadah  rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif, transparan dan. dapat dipertanggungjawabkan," ungkap nya.

Ditambahkan Wabup, capaian indikator pertumbuhan dan nilai IPM PALI masih tergolong rendah serta angka kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi. 


" Tahun 2023 Pemerintah PALI tetap fokus pada program kegiatan yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk pemulihan ekonomi ," beber Soemarjono.


Sedangkan disisi lain, Pemkab Pali sedang berupaya peningkatan daya saing daerah pasca Pandemi. Peningkatan tata kelola pemerintah, pelayanan publik dan inovasi daerah. 


" Percepatan penanganan kemiskinan dan stunting, peningkatan insfratruktur dasar, kualitas lingkungan hidup dan stabilitas trantibumlinmas menjadi hal penting   bagi kita," ujarnya.


Suemarjono juga menekankan agar dalam pelaksanaan kegiatan SKPD tidak melulu bergantung pada anggaran APBD dan lebih berinovasi untuk mampu menggali potensi sumber-sumber anggaran lain di luar APBD.

"  Kepala SKPD itu harus bisa memberdayakan potensi atau sumber-sumber pendapatan lainnya seperti Bangub, CSR maupun dana Aalokasi Khusus dari Pemerintah Pusat," tegasnya.



Lebih jauh mantan Ketua DPRD PALI ini menyebut pihaknya terus mendorong bagaimana mensiasati  perencanaan pembangunan pada 2023 mendatang harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang ada.

" Program tahun ini akan sebagasi pondasi di tahun yang akan datang. Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan," tandasnya.


Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten PALI Achmad Joni menerangkan, Musrenbang RKPD tahun 2023 mengutamakan empat prioritas pembangunan, yang pertama pemulihan ekonomi, penanganan pengentasan masalah kemiskinan, pembangunan infrastruktur dasar dan juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemulihan ekonomi kita fokuskan bidang daya saing sektor UMKM,  sektor pertanian, peternakan serta perikanan, selain infrastruktur dasar, salah satu pembangunan yang menjadi prioritas yakni rumah sakit tipe C di depan Polres PALI, setelah mendapat persetujuan pinjaman PT SMI dan Bangub  sebesar 264 miliar untuk penyelesaian pembangunan rumah sakit dari awal, hingga alkes," tutupnya ( ML- ADV)


 

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar