News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Apresiasi Putusan MK , DV ; Ini Bakar Semangat Kami Untuk Terus Matangkan Strategi

Apresiasi Putusan MK , DV ; Ini Bakar Semangat Kami Untuk Terus Matangkan Strategi


Sriwijaya News--Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus gugatan sistem pemilu proporsional terbuka dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.


Dalam putusannya, MK menolak permohonan gugatan terkait sistem Pemilu tersebut, dan menyatakan Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka.



Adapun putusan dibacakan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, “Berdasarkan UUD RI 1945 dan seterusnya, amar putusan mengadili, dalam profesi menolak permohonan profesi para pemohon, dalam pokok permohonan menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya” kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan amar putusan, dilansir dari banyak sumber kemarin.


Dengan adanya putusan uji materi tersebut, maka pada Pemilu 2024, para pemilik suara bisa secara langsung memilih calon legislatif (caleg) yang diinginkan agar bisa menjabat sebagai anggota dewan.


Sementara menanggapi keputusan itu, Ketua Partai Demokrat Prabumulih, Deni Victoria SH.MSi mengapresiasi keputusan MK dengan tetap memakai sistem pemilihan proposional terbuka.


“Sejak awal kami keluarga besar Demokrat Prabumulih sudah memiliki keyakinan bahwa hakim akan menolak sistem pemilihan tertutup. Putusan ini menjadi kemenangan demokrasi, kemenangan rakyat, dimana rakyat tetap menjadi yang utama,”kata Deni Victoria.


“Keputusan MK tentang sistem pemilihan proporsional terbuka merupakan kehendak dari seluruh masyarakat dan partai politik, “tambah DV didampingi Sekjen Wedi Saputra dan Bendahara Nicko Adha Pranata, Kamis (15/06/2023).


Lanjutnya, sistem proporsional terbuka menggambarkan kemajuan demokrasi di tanah air. Karena, dengan sistem pemilihan orang per orang, masyarakat dapat memilih secara langsung nama calon yang telah disajikan parpol.


“Masyarakat mempunyai kesempatan untuk menentukan pilihannya sesuai dengan selera hatinya masing-masing, “terangnya.


“Tentu juga keputusan ini dapat membakar semangat kami untuk terus mematangkan strategi yang sudah lama berjalan selama ini, “tutupnya. (BAKOMSTRA DEMOKRAT PRABUMULIH)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar