News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Suryanti Ngesti Rahayu Hadiri Lomba Cipta Menu Beragam B2SA Prabumulih 2023

Suryanti Ngesti Rahayu Hadiri Lomba Cipta Menu Beragam B2SA Prabumulih 2023


PRABUMULIH,- Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Ketahanan Pangan mengumumkan Pemenang dan Penyerahan Hadiah Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman ( B2SA ) Tingkat Kota Prabumulih Tahun 2023 dan  Lomba Usaha Peningkatkan Pendapatan Keluarga ( UP2K ). Di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Senin (12/6/23).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Prabumulih, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan Wakil nya Hj.Reni Indriyani SKM, Staf Ahli Walikota ,Mulyadi Camat dan Lurah sekota Prabumulih.

Suryanti Ngesti Rahayu mengatakan bahwa kegiatan lomba tersebut merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Prabumulih setiap tahunnya.

" Alhamdulillah  kita lihat banyak kreatifitas terbaru dari ibu-ibu peserta lomba, mereka menciptakan menu-menu  dan olahan sendiri dengan rasa yang tidak kalah enak dengan masakan lainnya,” kata Suryanti Ngesti Rahayu Ridho kepada media.

Hj Suryanti Ngesti yang didampingi wakil Ketua TP PKK Hj. Reni Indayani, S.KM.,M.Si, menyebut kreasi masakan peserta lomba terbilang unik dan enak.

“Ada buah labu kuning yang dibuat puding, dan ada rendang kangkung yang sempat kami cicipi rasanya enak. Jadi banyak variasi makanan baru yang bahannya juga berasal dari lingkungan mereka,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Prabumulih, Suranti SP menjelaskan bahwa pada lomba ini menggunakan bahan lokal dengan memanfaatkan pekarangan yang ada .

" Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreatifitas  ibu-ibu dalam menyusun menu keluarga yang seimbang dan aman untuk usia 6-12 tahun," terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga memotivasi warga dalam menghadirkan inovasi baru seperti labu kuning  diolah menjadi selai, puding dan dodol.

" Untuk juara pertama dari Desa Pangkul olahan pisang menjadi lontong dan bentuk menjadi pisang kembali, " urainya.

Pada perlombaan tahun ini juara satu B2SA berhasil direbut oleh tim dari kelurahan Pangkul. Untuk juara 2 dan 3 dimenangkan oleh tim dari desa Karangan dan Karang Jaya.

Sementara untuk lomba UP2K, juara pertama masih diraih oleh ibu-ibu PKK desa Pangkul, Juara ke dua Karang Bindu dan Juara ke tiga diraih oleh PKK Tugu Kecil.

Salah satu Tim juri ,  Titing SP didampingi Jessica Harthy S.IP s menyebut kriteria penilaian pemenang pada lomba tersebut terutama bahan pangan yang dipakai, dan cipta menunya.

"  Seperti yang mendapat juara satu sekarang kan menunya dari pisang. Pisang diolah mereka jadi semacam lontong yang diisi dengan ikan dan lain-lain yang kandungan proteinnya lengkap,” ungkap Titing SP.

Masih kata tim juri, selain itu ibu-ibu PKK desa pangkul ini menampilkan makanan dari sarapan hingga makan malam.

“ Ini sangat kreatif, mereka sajikan olahan makanan lokal buat sarapan, makan siang hingga makan malam semuanya dari bahan lokal, termasuk ada nasi dari ubi ungu,” bebernya lagi.

Ditambahkan oleh Jessica Harthy, bahwa kriteria utamanya yakni 4 sehat 5 sempurna jadi semua bahan yang ada harus memenuhi kriteria tersebut.


“Ya itu 4 sehat 5 sempurna, jadi semua bahannya harus memenuhi kriteria yang dimaksud, juga dalam hal penyajiannya masuk dalam penilaian dewan juri,” ungkap Jessi sapaan akrabnya.


Adapun ibu-ibu yang tergabung dari PKK, KWT dan Posyandu desa Pangkul yang berhasil  meraih juara 1 dalam 2 perlombaan ini mengatakan sangat bahagia atas keberhasilan ini.


“Alhamdulillah, kalau selama ini belum pernah jadi juara satu maka tahun ini kita berhasil menang,” kata Ketua tim Ibu Asriyanti .


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar