News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Produk Lokal UMKM PALI Berpeluang Masuk Di Toko Indomaret, UMKM Naik Kelas Sagarurung

Produk Lokal UMKM PALI Berpeluang Masuk Di Toko Indomaret, UMKM Naik Kelas Sagarurung


PALI, Produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kabupaten PALI, berpeluang besar untuk dipasarkan di Toko Indomaret. Hal itu disampaikan langsung oleh Branch Manager PT Indomarco Prisma Tama Cabang Palembang, Widodo saat ditanyai sejumlah wartawan usai pembukaan Pelatihan Kewirausahaan UMKM Mandiri yang digelar oleh Indomaret, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten PALI, melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Rabu (24/1/2024).

Widodo mengaku sangat mendukung peningkatan kualitas produk lokal kabupaten PALI. Bahkan, jika nanti hasil produknya bisa lebih okey, bisa masuk standar nasional.

“Tentunya kami harap produk UMKM PALI bisa tembus pasar nasional. Untuk saat ini setelah melihat sepintas produk lokal PALI sudah cukup baik. Seperti kemasan. Namun tetap ada beberapa poin yang dimasukkan untuk memenuhi standar, seperti sertifikasi halal, PIRT, tampilan. Tinggal lagi menguji rasa. Kalau dipersentasikan 90% bisa masuk toko Indomaret,” ujarnya.

Foto: serah terima plakat kenang-kenangang antara Plt. Kadinkop UMKM dengan Branch Manager PT Indomarco Prismatama

Ia menerangkan pelatihan kewirausahaan yang digelar secara nasional sudah berjalan. “Harapannya bisa kontinyu dijalankan minimal satu tahun sekali. Kemudian akan dilakukan evaluasi, kalau hasilnya bisa lebih baik lagi, bisa kerjasama,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Agen Eleidi mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Indomaret dan Diskop UMKM kabupaten PALI.

“Ini merupakan gebrakan yang luar biasa. Dengan pelatihan yang dapat disalurkan diharapkan para peserta mampu mengelola, pembuatan, proses olah, dan kemasan. Dengan harapan agar dapat dapat meningkatkan kesejahteraan bagi mereka,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan pelatihan disini tidak sampai disini. Hendaknya berkelanjutan. Pelatihan kewirausahaan ini memiliki visi meningkatkan produk untuk bersaing di pasar global, yang melekat produk daerah.

“Kemudian harapannya terwujudnya ekonomi masyarakat maju, kokoh dan SDM unggul, mandiri dan berdaya saing,Dari aspek produksi, pemasaran, permodalan. Diharapkan peserta pelatihan mengikuti materi dengan baik, sehingga memiliki kompetensi,” tukasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Plt. Kepala Diskop UMKM kabupaten PALI, Raden Abdurrohman menaruh harapan besar agar produk Lokal UMKM PALI bisa mendapat di gerai Indomaret. Sehingga, menjadi harapan bersama agar bisa meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM PALI.

“Kami berharap agar pihak Indomaret bisa menyediakan satu rak khusus di toko Indomaret, yang menjual produk lokal kabupaten PALI. Sehingga para pelaku UMKM di kabupaten PALI bisa meningkatkan ekonomi. Dengan begitu UMKM Kabupaten PALI naik kelas, mewujudkan Sagarurung PALI Menuju Sumsel,” jelasnya.

Diketahui Pelatihan Kewirausahaan UMKM Mandiri yang digelar diikuti oleh 100 pelaku UMKM PALI yang tersebar di lima kecamatan yang ada di kabupaten PALI. Pelatihan berlangsung meriah diselingi undian doorprize.


(Rilis)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar