Header Ads

Panca Surya : ASN Dilarang Berpihak Pada Calon Yang Maju Dipilkada

Muara Enim, SRINE. Com -- Agar Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap Netral pada Pilkada Serentak 2018,Pihak Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Muaraenim akan turut mengawasi perkembangan di Media Sosial (medsos).

Plt Kepala Dinas Kominfo Muaraenim, Panca Surya Diharta, mengatakan pengawasan akun medsos milik abdi negara ini sebagai lanjutan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang melarang ASN berpihak kepada calon kepala daerah.

"ASN dilarang memposting, meng-Like atau berfoto (selfie) dengan calon kepala daerah," ujarnya,saat diwawancarai awak media belum lama ini.Jika masih ditemukan pelanggaran tersebut, ASN yang bersangkutan akan disanksi.

namun kata dia, Dinas Kominfo akan menindaklanjuti pelanggaran keberpihakan ASN di Pilkada jika ada laporan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

"Karena ini merupakan tugas Panwas. Kita (Kominfo, red) hanya menyelidiki untuk mencari kebenarannya. Apakah hoax atau bukan," tuturnya.

Dalam pengawasan ini, sambung dia, pihaknya telah menugaskan tiga personel IT yang setiap harinya siap memelototi akun medsos.

"Kita ada tiga pegawai yang memang kompetensi di bidang IT. Sehingga kita siap membantu Panwaslu selama Pilkada," katanya.

Terkait pelanggaran oleh pasangan calon maupun tim sukses (Timses) di medsos, kata dia, bukan menjadi ranah Dinas Kominfo.

"Namun itu ranahnya Panwaslu,"tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar beberapa kali mengingatkan agar ASN tidak terlibat dalam kampanye Pilkada, apalagi sampai menjadi timses pasangan calon kepala daerah. Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang ini meminta ASN tetap fokus terhadap pekerjaannya.(adt)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.