Header Ads

Kapolda Sumsel Tinjau Pos Pengamanan Lebaran 2018

PRABUMULIH,SRINE. Com --GUna melihat langsung kondisi arus mudik, Senin (11/6) Kepala Kepolisian (Kapolda) Sumatera  Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, pukul 13.30 WIB meninjau langsung pos pelayanan dan pos pengamanan arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah di Jalan Lintas Sumatera dari Palembang hingga ke Prabumulih.

"Saya cek jalur darat dari Palembang hingga ke Prabumulih apakah ada peningkatan. Saya datang memastikan dan mengontrol pos pelayanan dan pos pengamanan dalam rangka operasi ketupat 2018. Saat ini transportasi darat yang memang tidak mengalami kenaikan signifikan," kata Kapolda saat diwawancarai awak media.

Irjen Pol Zulkarnain menjelaskan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel untuk mengetahui berapa persen terjadi peningkatan saat arus mudik. "Kalau jalur darat hanya sekitar 1 sampai 2 persen saja peningkatannya. Tetapi malah  peningkatan terjadi di transportasi udara yakni peningkatan 26 persen sampai 19 ribu lebih dari tahun sebelumnya," tegasnya.

Masih kata Kapolda, pihaknya akan selalu memastikan keamanan pemudik dan arus balik lebaran. Oleh karena itu dirinya mengimbau para pemudik agar dalam mengemudi memperhatikan betul keselamatan.

"Jika mengantuk agar istirahat di pospam dan posyan atau kantor pemerintahan yang ada. Periksa kendisi kesehatan badan dan cek kondisi kendaraan saat mudik baik rem dan lainnya. Karena apabila ada kesalahan dalam kesehatan kendaraan tentu akan menyebabkan hal tidak baik dijalan," ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda menerangkan, kepada masyarakat yang mudik lebaran hendaknya terlebih dahulu memastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman.

"Sebelum mudik pastikan keamanan rumah. Periksa rumah baik dari kunci rumah dan pagar. Beritahu tetangga atau RT/RW setempat kalau kita pergi mudik lebaran. Ini bertujuan agar kemanan rumah kita," pungkasnya.(adt)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.