Header Ads

Selain Percontohan Nasional, Program Jargas Kota Telurkan Penghargaan Dharma Karya Bagi Prabumulih

Prabumulih, SRINE. Com –Selain menjadi proyek Percontohan nasional, Program pro rakyat pemkot Prabumulih jaringan gas rumah tangga menyeret prestasi tersendiri. Semua itu tergambar dari di terimanya penghargaan Dharma Karya dan Sumber Daya Mineral Utama dari Kementrian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, Jumat (29 /9/18) menerima secara langsung  penghargaan tersebut dari tangan Menteri ESDM Ignasius Jonan pada acara peringatan hari pertambangan dan energi ke 73 tahun di Plaza Sekretariat Jenderal Kementrian ESDM.

Dalam arahannya Ignasius menyampaikan jika Walikota Prabumulih  melalui program jargas kota yang langsung kedapur warga merupakan satu-satunya kepala daerah yang telah berhasil meraih penghargaan Dharma Karya dan Sumber Daya Mineral Utama.

“Ini menjadikan Prabumulih menjadi Kota Percontohan Nasional. Banyak kabupaten kota lainnya di Indonesia yang juga memiliki program jaringan gas rumah tangga. Namun, hanya Prabumulih yang dinilai berhasil menjalankan program tersebut. Apalagi hampir seluruh rumah penduduk sudah dialiri gas rumah tangga. Untuk itu penghargaan ini patut diberikan kepada Kota Prabumulih,” ujar Ignasius.

Dilanjutkannya, Selain Sebagai daerah yang ditunjang dengan kekayaan minyak dan gas, Ignasius berharap agar program tersebut terus berlanjut dan dikembangkan. Tentunya pengembangan program itu harus dilakukan oleh orang-orang yang tepat.

“Pemerintah pusat pasti siap untuk mensuport. Begitu juga dengan daerah lain agar bisa mencontoh sistem pengolahan program jargas ini untuk masyarakatnya,” bebernya.
Sementara itu, Ridho mengaku bersyukur dan bangga atas diterimanya penghargaan tersebut. Hal ini menurutnya merupakan kerja keras Pemkot Prabumulih serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Sehingga Prabumulih  dapat menjadi satu-satunya kota percontohan nasional dalam penggunaan gas rumah tangga di Indonesia.

“tanpa kontribusi dari semua pihak termasuk masyarakat, program ini tidak akan berhasil dengan mulusKarena tujuan program ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat Prabumulih. Dengan gas rumah tangga ini masyarakat tidak perlu repot-repot lagi untuk memasak pakai gas tabung. Selain hemat dan aman penggunaan gas rumah tangga juga lebih ekonomis dan murah,” jelasnya.

Terpisah Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH menambahkan, dengan diraihnya penghargaan tersebut bukanlah hal yang mudah bagi Prabumulih. Mengingat butuh kerja keras dan perjuangan dalam membangun jaringan gas rumah tangga.


“Apalagi target kita adalah seluruh rumah penduduk harus dialiri gas rumah tangga. Bahkan untuk saat ini saja sudah kurang lebih 50000 rumah sudah tersambung. Tinggal sebagian kecil daerah lagi yang belum tersambung. Mudah-mudahan dalam waktu dekat seluruh rumah penduduk sudah teraliri gas kota,” tutupnya (A/I)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.