Header Ads

Akibat Kabut Asap , Warga Muara Enim Terjangkit Penyakit ISPA

MUARA ENIM,  SRINE -  Akibat kabut asap yang mengepung Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan , Sejunlah warga mulai terserang penyakit yang sebagian besar  menyerang saluran pernapasan.

Selvi (35) ,warga Desa Hujan Mas  Baru Kecamatan Hujan Mas Kabupaten Muara Enim mengatakan, semenjak kabut asap yang akhir-akhir ini kian menjadi mengakibatkan dirinya menderita gangguan saluran pernapasan.

" Mata perih dan batuk-batuk, apalagi saat berkendara," katanya, Sabtu (09/11/19).

Selvi juga berharap agar pemerintah cepat tanggap mengantisipasi untuk mencegah agar penyakit yang menyerang masyarakat tidak meluas.

" Pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dapat membagikan masker kepada masyarakat," pintanya.


Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim, M Tasman S, Sos menyatakan, bahwa keberadaan asap bukan disebabkan oleh kebakaran di wilayah Kota Muara Enim. Namun asap tebal yang menyelimuti Kota Muara Enim tersebut diduga asap kiriman dari daerah OKI dan OKU bahkan dari Kembang Bejalu batas wilayah Kecamatan Muara Belida dan Gelumbang.

"Itu asap diduga kiriman dari OKI, OKU dan Kembang Bejalu ,  tidak ada kebakaran hutan di wilayah Bumi Serasan Sekundang," tegasnya.

Tasman juga mengaku jika pihaknya telah menugaskan para personil Damkar untuk menjinakkan karhutlah di wilayah Kembang Bejalu Patra Batas Kecamatan Gelumbang.

" Petugas kita siap selalu memantau situasi yang ada. Warga selalu aktif menyampaikan informasi,"  tandasnya. (Ed)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.