Header Ads

Plt Bupati Muara Enim Pimpin Rapat Evaluasi Penyelesaian Konflik Manusia Dan Hariamau


Muara Enim, SRINE---Pemerintah Kabupaten Muara Enim , Sumsel menggelar rapat Evaluasi Pelaksanaan Satuan Tugas Penyelesaian konflik Satwa Liar (Harimau) dengan Manusia pada Kamis (23/1/2020).
Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Bapeda ini dipimpin langsung Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH.

"Satgas Penyelesaian Konflik Antara Manusia dan Harimau Membuahkan Hasil" katanya.

Kabag Humas dan Protokol Ari Irawan.Sstp.Msi menjelaskan bahwa Dengan telah tertangkapnya harimau yang selama ini meresahkan warga pada 21 Januari lalu, pagi tadi (23/01) Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah S.H bersama jajarannya menggelar rapat evaluasi satuan tugas (Satgas) penanganan konflik harimau. Bertempat di ruang rapat Bapeda kamis (23/1/2020).

"Rapat yang digelar di ruang Pangripta Sriwijaya ini membahas tindak lanjut dari Satgas pasca-dievakuasinya harimau ke Pusat Penyelamatan Harimau Sumatra di Balai Konservasi Alam Margasatwa Tambling, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung" Ujarnya.

"Plt. Bupati Muara Enim H.Juarsah.SH sangat mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras mulai dari terbentuknya Satgas ini pada 30 Desember 2019 lalu hingga membuahkan hasil pada saat ini. Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat beraktivitas seperti biasa dan meminta segera melaporkan kepada aparat bila ditemukan indikasi gangguan hewan buas serupa. 

"Dalam waktu dekat Plt. Bupati merencanakan menggelar doa bersama dan sedekah dusun sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan ini" Ujarnya
Kepala Seksi Konservasi Wilayah 2 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Martialis Puspito melaporkan bahwa harimau tersebut telah dievakuasi untuk dilakukan observasi lebih lanjut, dan Satgas masih akan dijalankan untuk menangani pemulihan trauma (trauma healing) para warga di beberapa desa.

Selain itu juga tetap akan dilakukan monitoring lanjutan untuk melihat pergerakan ataupun antisipasi adanya kejadian serupa. Ia juga berharap kedepan ada balai penanganan khusus harimau di kawasan hutan lindung Sumatera Selatan. yang menurutnya selama ini baru terfokus pada hewan liar seperti gajah dan beruang. Jelasnya.

Turut hadir mendampingi Plt. Bupati Muara Enim, yaitu Sekda Muara Enim Ir. H. Hasanudin, M.Si, Asisten Pemerintah dan Kesra Drs.H. M. Teguh Jaya, MM, Kadin Lingkungan Hidup, Ir. Kurmin, M.Si, Kepala BPBD Drs.Tasman.(Edward)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.