Weather (state,county)

ads header

Breaking News

Tuncen Fest 2020 Bentuk Dukungan Kepada Pemkab Oku Atasi Masalah Sampah

BATURAJA, SRINE |  Untuk mengajarkan kepada anak didik selalu menjaga kebersihan, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun lingkungan sekitar yang ada di kota Baturaja, Sekolah Islam Terpadu Tunas Cendikia menggelar Tuncen Fest 2020 pada Sabtu (25/1).

Kegiatan Tuncen Fest yang digelar SIT Tunas Cendikia yang dipusatkan di Gedung Olah Raga Baturaja di hadiri oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Slamet Riyadi.

Direktur SIT (Sekolah Islam Terpadu) Tunas Cendikia Baturaja H Akhmad Taufiqurrahman mengatakan selain itu juga agar anak didik mulai dari usia dini sudah dapat menjaga lingkungan alam,"dan dapat memilih dan memilah sampah, menanam pohon agar lingkungan tetap lestari dan juga untuk menghindari dari bencana,"ujarnya.

Bupati, diwakili Asisten I Setda OKU Drs. Slamet Riyadi, M.Si., mengapresiasi Tuncen Fest 2020 yang diselenggarakan oleh Sekolah Islam Terpadu Tunas Cendikia Baturaja, dapat mengedukasi dan membina anak didik sejak dini dan generasi mendatang dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membersihkan sampah.

Kegiatan Tuncen Fest 2020 yang  mengangkat tema "Zero Waste: Wujudkan Baturaja Tanpa Sampah", merupakan bentuk dukungan  terhadap Pemkab OKU dalam menyikapi persoalan sampah, hal ini juga berkaitan dengan program Pemkab OKU Jumat Bersih dalam mempertahankan Adipura.

Lebih lanjut Asisten I menghimbau mereduksi sampah secara mandiri harus dilakukan mulai dari rumah tangga. Selain itu juga sampah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos, dengan demikian diharapkan volume sampah akan menurun.

Kegiatan pengelolaan sampah  berbasis masyarakat harus di sosialisasikan dengan mengedepankan paradigma 3R, yaitu Re-use yaitu menggunakan kembali sampah yang masih bisa dimanfaatkan, Reduce yaitu mengurangi volume sampah, dan Recycle yaitu mendaur ulang sampah diolah menjadi bahan lainnya.

Dengan penyelenggaraan Tuncen Fest 2020 yang mengangkat tema "Baturaja Bersih, Tanpa Sampah", akan semakin mendorong pola pikir masyarakat termasuk anak didik sampai RT, RW, Lurah, dan Camat  dapat memperlakukan sampah dengan baik di ruang publik.

Pada akhir acara Asisten I bersama Ditektur SIT Tunas Cendikia dan Jajaran Pemkab OKU menyerahkan piagam penghargaan kepada duta baca tingkat SD Mizanina Hafizah, dan SMP Funny Rosa Azzahra. Sedangkan pemenang duta Go Green, SD Asiyah, dan SMP Athiyah Fatin. (Ledi).

Tidak ada komentar