Weather (state,county)

Breaking News

DPRD Prabumulih Gelar Rapat Paripurna Terkait Laporan Pelaksanaan Reses di Tiga Dapil


PRABUMULIH, SRINE-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih menggelar rapat paripurna masa persidangan ke-III tahun 2020 terkait laporan pelaksanaan reses Dprd Prabumulih di tiga dapil ( Daerah Pemilihan) dengan menggunakan protol kesehatan covid- 19, Senin (8/6/2020).

Reses dilaksanakan dalam suasana menghadapi covid-19 , Selasa, (2/6/2020) lalu Dalam reses tersebut, Dewan Prabumulih mengunjungi pos- pos cek poin PSBB dan pos swadaya di desa dan kelurahan sembari menyalurkan bantuan vitamin dan susu kepada petugas di pos-pos.

Selain 25 anggota dewan Rapat yang di gelar di ruang Paripurna DPRD Prabumulih ini dihadiri Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri, Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Dalam rapat paripurna tersebut, satu persatu anggota dewan menyampaikan laporan reses di daerah pemilihannya ( Dapil) masing- masing.

Dapil I ( Prabumulih Barat, Prabumulih selatan dan Kecamatan Rambang Kapak Tengah) menyampaikan aspirasi masyarakat melalui Riza Ariansyah diantaranya,  berharap agar Pembangunan parit di Patih Kalung sepanjang 750 M, Pemasangan 5 unit lampu jalan di RT 04 RW 05 (Simpang Pinang) Kelurahan Patih Galung, Rehab Gedung Serbaguna  Tugu Nenas dan pembangunan jalan sepanjang 300 M di Rt 1 Rw 4 Patih Galung.

Untuk terkait penanganan covid-19, dewan dapil I juga minta pemerintah Prabumulih memperbanyak rapid tes dan tes swab di pusat keramaian dan Orang tanpa gejala mendapat pengawasan dan dukungan pemerintah terkait sembako , vitamin dan pemeriksaan dokter sehingga dapat menjalankan karantina mandiri dengan baik.

Selain itu, Pemkot Prabumulih  mengkaji lebih dalam wacana new normal di Prabumulih karena Prabumulih belum memenuhi 11 syarat new normal.

Pembukaan Sekolah juga di minta untuk di kaji hati hati mengingat anak rentan terpapar covid-19.


Sedangkan Ade Irama,  sebagai juru penyampai aspirasi masyarakat Dapil II (Pramulih Utara dan Cambai) meminta agar adanya keterbukaan dan transparansi data penderita covid-19 di Prabumulih sehingga warga dapat mengambil langkah langkah yang dianggap perlu dalam menghindari penyebaran virus corona.

Warga juga meminta agar posko-posko pemeriksaan PSBB di Kelurahan disediakan anggaran operasional , Honorarium untuk petugas piket jaga posko pemeriksaan dan pengawalan psbb segera di realisasikan.

warga juga minta agar murid sekolah tingkat TK,SD SMP dan SMU tetap belajar dirumah demi menghindari tertularnya covid -19, apabila memang akan diaktifkan kembali harus memenuhi standar protokol kesehatan covid-19. Sebelum vaksin ditemukan, mendorong penerapan new normal dan hidup berdampingan dengan virus covid-19 dengan menyiapkan fasilitas protokol kesehatan di tempat kerumunan.

Selain itu, Pemkot Prabumulih juga diminta untuk segera menyerahkan refokusing dan realokasi APBD tahun 2020 sesuai SKB 2 Menteri ke DPRD Prabumulih.

" komisi II memang konsentrasi di penanganan covid-19. Untuk wacana pembukaan sekolah, pemkot harus meninjau kembali, apalagi untuk Paud, TK dan SD..karena fasilitas wc saja tidak memadahi apalagi tempat cuci tangan, " tegas Ahmad Palo.




Sementara Dapil III ( Kecamatan Prabumulih Timur) yang disampaikan juru bicaranya ,Hartono Hamid diantaranya meminta agar pemkot Prabumulihmembuat fasilitas tempat cuci tangan permanen di tempat ibadah, puskesmas , sekolah dan sepanjang jalan Prabumulih setiap titik 200 M.


Dapil II juga menyampaikan agar pemkot menyediakan masker dan hand sanitizer, Vitamin, bantuan ke masyarak yang terdampak covid-19, APD bagi petugas kesehatan,memperbaiki data penduduk miskin, menfasilitasi rapid tes di setiap puskesmas.

Ada juga aspirasi warga terkait pembangunan di Kelurahan Sukajadi diantaranya, Pembangunan jalan cor di R A Kartini Rt 1 Rw2,Pemasangan lampu jalan sebanyak15 titik di Prumnas Griya Sriwijaya Kartini Rt 3 Rw 2 Sukajadi.

Walikota Prabumulih ,Andriansyah Fikri menyampaikan apresiasi yang luas atas kinerja DPRD Prabumulih di tiga dapil dalam menyerap aspirasi masyarakat dan hadir membantu petugas posko PSBB dengan menyalurkan bantuan vitamin. susu dan bantuan lainnya.

" Terimakasih dewan Prabumulih yang telah bekerja tanpa mengenal lelah dan hadir sebagai penyemangat petugas posko PSBB dengan segala bantuan nya. Semoga dapat dirasakan manfaatnya," harap Fikri.


Terkait aspirasi warga tiap dapil yang disampaikan dewan, Fikri mengaku akan secepatnya akan disampaikan kepada Walikota Prabumulih.

" Akan kita sampaikan hasil rapat ini ke walikota . Jika untuk kemaslahatan dan kepentingan masyarakat, insyaallah direalisakan segera. Seperti honor petugas posko," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Dprd kota Prabumulih Sutarno,SE menyebutkan bahwasannya rapat paripurna ini dalam rangka menyampaikan aspirasi masyarakat yang ditampung saat reses lalu.

" Alhamdulillah semua sudah kita sampaikan termasuk terkait penanganan covid-19 di Prabumulih . Dan jika normal baru diterapkan kita jangan euphoria dan tetap disiplin menjalankan protokol covid-19," tegasnya. ( ADV- )

Tidak ada komentar