Header Ads

Miliki Nilai Ekonomis, KBP Ajak Emak- Emak Gemari Bonsai


PRABUMULIH, SRINE-- Tanaman bonsai merupakan tanaman hias yang di produksi oleh tangan- tangan berbakat yang mempunyai daya seni tinggi.

Lama menghilang dan jarang terdengar berapa tahun belakangan ini, membuat para pecinta bonsai Kota Prabumulih tergerak untuk membangkitkan kembali bonsai agar kembali di cintai masyarakat.

Para pecinta bonsai ini tergabung dalam satu wadah yang di beri nama Komunitas Bonsai Prabumulih ( KBP) didirikan setahun lalu .

Ketua KBP Prabumulih, Arisno bersama Bonsai Cenderawasihnya

Arisno menerangkan bahwa organisasi yang ia pimpin di lahirkan dengan maksud mengangkat kembali bonsai di kota Seinggok-Sepemunyian setelah lama vakum.


" Kita ingin agar bonsai Prabumulih bisa bersaing dengan daerah luar," imbuhnya kepada Wartawan, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, ada beberapa tanaman yang biasa di budidaya bonsai, seperti: Beringin, Anting Putri, Cendrawasih, Cemara,Sepang, Asam Jawa dan lain sebagainya.

" Seperti bonsai Cendrawasih miliknya yang masih tunggul ( Batang yang belum diolah) yang di beli seharga Rp.1,5 Juta, setelah di rawat selama tiga tahun kini sudah di tawar orang biaya perawatan nya Rp.30 Juta.-

Pria yang beralamat di Jl Padat Karya Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih Timur ini juga mengajak semua kalangan untuk mencintai bonsai lantaran mempunyai daya ekonomi tinggi dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

" Kami juga mengajak para emak-emak untuk bergabung , karena pecinta bonsai bukan hanya milik kaum Pria. Ibu-ibu juga bisa dan bonsai dapat dijadikan penghasilan tambahan, bahkan jika kita tekun dan sabar bonsai merupakan bisnis yang menjanjikan," ujarnya.

Lebih dari itu, pria ramah ini juga berharap dalam budidaya bonsai,  pecinta bonsai Prabumulih harus mengedepankan kelestarian lingkungan dan menjaga agar spesies tanaman tidak punah.

" Jika kita budidaya tanaman yang biasa di jadikan bonsai, harus kita lakukan penanaman dan diremajakan kembali. Biar tanaman tersebut tetap ada dan lingkungan kembali hijau," ungkapnya.


Di akhir, ia juga mengaku bahwa pihaknya kedepan akan meluncurkan program penghijauan di kota Prabumulih guna turut menjaga kelestarian kota nenas agar tetap asri.

" Kedepan, Bersama rekan-rekan Kita akan turun melakukan penanaman bibit pohon di Kota yang kita cintai ini," tutupnya.(Ad)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.