News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Empat Lawang Pimpin Apel Siaga Karhutlah

Bupati Empat Lawang Pimpin Apel Siaga Karhutlah


Empat Lawang,SRINE - Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, pimpin langsung apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan Penanggulangan karhutla, dilapangan Pemkab Empat Lawang, Kamis (25/2).


Didampingi Dandim 0405 Lahat dan Kapolres Empat Lawang, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, memeriksa langsung pasukan dan mengecek satu-persatu peralatan yang ada.


Dalam sambutannya, Bupati Empat Lawang mengatakan, pada tahun 2015 kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, mencatat sebanyak 2,6 juta hektar hutan dan lahan terbakar, dengan 120 ribu titik api sejak Juni hingga Oktober 2015.


Sementara Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Tujuh (7) provinsi lainnya saat itu menjadi darurat asap. Bahkan Sumsel sendiri lahan yang terbakar mencapai 23 persen.


Belajar dari hal tersebut, digelarnya apel kesiap siagaan pasukan. Ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapam sarana dan prasarana yang ada.


” Dalam penanganan bencana ada sebuah prinsip yang harus dipegang, yaitu ” Lebih baik siap tapi tidak dipakai, dari pada dipakai tapi tidak siap. Saya ulangi, lebih baik siap tapi tidak dipakai, dari pada dipakai tapi tidak siap,” kata Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.


Artinya lanjut orang nomor satu di Empat Lawang ini, lebih baik segala persiapan dilakukan matang, tetapi bencana tidak datang dari pada bencana datang tetapi tidak siap.


Apa lagi intruksi presiden sudah sangat jelas, terkait pelaksanaan tugas penanggulangan karhutla dan bencana alam lainnya.


Intruksi presiden tersebut dijelaskan Bupati, menjadi acuan untuk selalu siap siaga dalam menghadapai fenomena perubahan iklim, cuaca ekstrim yang berpotensi terjadinya bencana seperti karhutla dan bencana alam lainnya.


” Sinergritas antara Pemda, TNI, Polri dan masyarakat sangat dibutuhkan. Percayalah Tuhan menaruh saudara semua diposisi ini bukan karena kebetulan,” ungkapnya.


Sebab orang yang hebat tidak dilahirkan dari kemudahan, kesenangan dan kenyamanan. Tapi mereka dibentuk oleh kesusahan, perjuangan dan bahkan air mata.


” Kepada tim saya ucapkan selamat bertugas, selamat bekerja, selamat mengabdi, mari kita tingkatkan sinergitas dan kolaborasi. Untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya,” ujarnya

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar