News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komisi III Sebut Proyek BPBD OI Yang Di Kerjakan PT.Gajah Mada Sarana Terkesan Amburadul

Komisi III Sebut Proyek BPBD OI Yang Di Kerjakan PT.Gajah Mada Sarana Terkesan Amburadul


OGAN ILIR ,- Proyek Pembangunan Tembok Penahan Air yang berasal dari Anggaran APBN yang cukup besar nilainya pada Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir dan secara Tehnis Pengerjaannya dilakukan oleh Dinas PUPR Ogan Ilir,  terkesan sangat amburadul dan tidak sesuai dengan perencanaan.


Menurut Ketua Gapeksindo Ogan Ilir Deswilton , bangunan yang saat ini dibangun oleh perusahaan PT. Gajah Mada Sarana yang beralamat di Jalan Kapten Raya No.432 Rt.05 Bukit Sangkal Kalidoni Palembang tersebut, itu salah perencanaan dari awal makanya  terlihat bangunan itu amburadul.


Lanjutnya , Proyek yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) dengan nilai Pagu Rp.8.450. Miliar dan Nilai HPS Rp.8.395 Miliar dengan hasil pemenang tender  oleh PT.Gajah Mada dengan penawaran terkoreksi RP. 8.302 Miliar.


Namun dengan nilai sebesar itu,  pekerjaan proyek dengan anggaran APBN tersebut terlihat amburandul dan tidak sesuai apa yang diharapkan , padahal  kucuran dana APBN  sangat luar biasa dan fantastik.


" Kalau saya melihat bangunan tersebut asal jadi dan tidak sesuai dengan perencanaan, apa yang telah direncanakan. Disisi lain dimana letak pengawasan dari Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir yang notabennya selaku tehnis pengerjaan dan pengawasan serta PPTK ada di Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir," ujarnya.


Kedepan Deswilton menghimbau  agar pemerintah kabupaten ogan ilir untuk dilokasi tersebut tidak perlu dibangun kembali karna arus sungai didaerah tersebut sangat deras.


" Lebih baik relokasi jalan negara agar tidak menghamburkan uang negara terus menurus." tegas Ketua Gapeksindo OI"


Sementara senada, Ketua Komisi III DPRD OI Amir Hamzah didampingi Anggota Komisinya Sukarni  menjelaskan, beberapa waktu yang lalu kita sudah turun dan mengecek langsung proyek pembangunan tembok penahan air yang ada di desa srijabo kecamatan sungai pinang.


Disitu kita melihat pembangunan tersebut terutama tiang pancang penahan air tersebut sudah terlihat kemiringannya sekitar 30 derajat dan sudah dilakukan pemborong untuk menahan menggunakan seling. Dan menurut kami itu tidak maksimal pekerjaannya dan banyak kekurangannya tidak sesuai dengan perencanaan dan disisi kiri kanan dipasang karung berisi pasir untuk penahan tanah timbunan dari gerusan air sungai yang deras itu juga menurut kami tidak sesuai dengan dana yang sangat besar itu."jelasnya".


Ditambahkan Sukarni Anggota Komisi III mengatakan, secara tehnis kalau kami melihat pembangunan proyek tersebut tidak sesuai dengan bestek."ucapnya".


Kenapa kami bilang begitu, karna pembangunan tembok penahan air tersebut salah dari perencanaan awal dan bisa jadi dari rab nya kurang maksimal.


Hasil temuan dari pengawasan kami adalah perencanaan awal tidak sesuai begitu juga dengan rabnya, artinya dalam menghadapi cuaca sekarang musim hujan ini tentu beban yang ditahan tembok penahan air tersebut tidak mampu untuk menahannya.


Secara tehnis apa kekuatan tumpukan karung yang diisi pasir atau apa itu digerus air hujan atau air sungai pasti tidak kuat menahan arus air tersebut.


Yang jelas dari awal proyek tersebut sudah miring apalagi saat sudah bentuk jalan ular mencari untung, sementara keterangan pelaksana katanya semua sesuai dengan aturan sesuai perencanaan dan sesuai dengan Rab tetapi kenyataannya apa kan amburadul sekarang ini lihat saja kondisi saat ini.


Yang jelas menurut kami Komisi III yang membidangi infrastruktur danbangunan tersebut banyak kesalahan kesalahan dilapangan yang tidak sesuai dengan perencanaan awal dan rab nya."ungkap Sukarni".


Sementara Kadis PUPR Ruslan mengatakan, ya ini bukan pekerjaan dari Dinas PUPR melainkan pekerjaan BPBD Kabupaten Ogan Ilir."ucapnya".


" Tapi bener PPK tersebut orang dinas PUPR saat ini sebagai Kabid Program mulai bulan juni yang lalu,sebelumnya dia di BPBD OI."ungkap Kadis PUPR singkat".(SMSI OI)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar