News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini Rekomendasi Komisi II Dprd Prabumulih Soal Kelangkaan Minyak Goreng

Ini Rekomendasi Komisi II Dprd Prabumulih Soal Kelangkaan Minyak Goreng


Wakil Ketua Komisi II Dprd Prabumulih,Feri Alwi SH (kiri) didampingi  H Mat Amin saat memberikan keterangan kepada wartawan,Rabu (09/02/22).

Sriwijaya News , PRABUMULIH- Kelangkaan minyak goreng di Kota Prabumulih menjadi sorotan banyak pihak , salah satunya datang dari Presedium Forum Lintas Organisasi  Prabumulih yang dipimpin  Hasbi S.Pd dari Gerakan Cinta Rakyat ( Gencar ) Prabumulih.


Presedium Lintas Organisasi Prabumulih ini mendatangi Komisi II Dprd Kota Prabumulih guna menyampaikan aspirasi yang tercantum dalam point-point rekomendasi kepada wakil rakyat sebagai upaya dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng di Kota Seinggok-Sepemunyian.


Dalam salah satu point rekomendasinya Forum Lintas Organisasi Gencar dan KAHMI Prabumulih meminta dan mendesak pemerintah pusat, provinsi dan daerah  melalui instansi terkait untuk melakukan pengawasan  dan pemantauan  jalur distribusi minyak goreng sehingga dapat memperlancar ketersediaan minyak goreng dipasaran.


" Kita juga minta agar instansi terkait dan Dprd Prabumulih melakukan langkah langkah guna mengatasi kelangkaan minyak goreng melalui operasi pasar murah dengan harga pemerintah Rp.14.000/Kg dan melakukan sidak berkala ketersediaan minyak goreng dipasaran" kata Hasbi .


Hasbi juga menyebut kelangkaan minyak goreng dipasaran berpotensi meningkatkan penyebatlran covid-19 karena banyak mengundang kerumunan.


" Antrian warga kan bisa menimbulkan kerumunan ," ujarnya.


Lebih jauh Hasbi meminta agar pemerintah transfaran terkait  kuota ketersediaan minyak goreng di Prabumulih.


" Kami minta dewan memanggil instansi terkait guna mengetahui berapa banya minyak goreng yang masuk ke Prabumulih", ungkapnya.


Dikatakannya,  pihaknya menduga ada pihak yang bermain memanfaatkan situasi dalam Operasi Pasar Murah yang digelar pemerintah.



" Setiap ada Operasi Pasar Murah  , minyak goreng langsung habis. Sedangkan dipedagang pinggir jalan kita temukan banyak pedagang menjual minyak goreng dengan harga yang tinggi, jangan-jangan mereka yang bermain.kita tidak tahu ," pungkasnya kepada awak media, Rabu (09/02/2022).


Sementara terpisah, Wakil Ketua Komisi II Dprd Prabumulih Feri Alwi SH didampingi anggota Komisi II H Mat Amin dan  Ade Irama mengatakan sesungguhnya pihaknya telah melakukan sidak ( Inspeksi mendadak) ke lapangan dan menemukan kelangkaan minyak goreng di pasaran.


"Termasuk juga harga minyak goreng yang tidak sesuai harga yang ditetapkan pemerintah," ungkap Pria yang juga menjabat Sekretaris PAN Prabumulih ini kepada media .


Untuk itu, komisi II akan menyampaikan rekomendasi dari presidum lintas organisasi Prabumulih kepada pihak terkait yakni, Dinas Pedagangan Kota Prabumulih.


" Selain itu, Komisi II juga akan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah melalui Disperindag Prabumulih," urainya.


Selain karena. kepanikan masyarakat , Feri berpandangan memang ada pihak-pihak yang bermain dan mencari keuntungan dalam kondisi ini.

 

"Nah,  pihak -pihak yang mencari keuntungan ditengah kesusahan masyarakat ini yang harus ditindak tegas oleh Dinas Perdagangan sebagai instansi berwenang terkait masalah ini," tegasnya.


Ditambahkannya, Menurut distributor , pasokan minyak goreng di Prabumulih memang mengalami kekurangan mengingat pasokan yang datang tidak sesuai pesanan.


" Mereka pesan satu ton , datang 200 Kg. Itu harga yang sesuai pemerintah.namun yang harga lebih tinggi ada, jadi dikatakan langkah tapi minyak ada, tapi mahal.ini yang harus ditindak tegas, " ujarnya.


Pria yang akrab disapa Luwii  ini menyebut bahwa pihaknya sangat mendukung  program Operasi Pasar Murah (OPM)  yang digelar pemerintah sebagai salah satu instrumen dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng .


" Namun pelaksanaan nya  jangan satu titik, bila perlu setiap kecamatan ada dan dalam waktu yang bersamaan. Jadi tidak mengundang kerumunam, " pungkas politisi muda yang juga menjabat sebagai Sekretaris PAN Kota Prabumulih ini. ( ad)


Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar