News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPK Muba Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan

DPK Muba Gelar Bimtek Pengelola Perpustakaan


SEKAYU -Sriwijayanews.com- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan, Selasa (29/11/2022). Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Ruang Rapat Serasan Sekate ini diikuti oleh Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Pengelolaa Perpustakaan Desa.


Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Muba H Yudi Herzandi SH MHum, membuka langsung kegiatan Bimtek tenaga pengelola perpustakaan tersebut. Dikatakannya, kegiatan Bimtek yang dilaksanakan sekarang adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya pengelola perpustakaan dalam Kabupaten Muba.


"Era informasi yang kita hadapi saat ini menuntut masyarakat senantiasa tanggap terhadap perkembangan dan perubahan informasi. Agar informasi dapat bermanfaat untuk meningkatkan SDM tentu perlu  dikelola dengan baik. Perpustakaan sebagai pengelola informasi perlu meningkatkan kemampuan SDM pengelola perpustakaannya baik melalui jalur formal ataupun non formal, mutlak diperlukan,"ujarnya.


Asisten I Setda Muba juga mengungkapkan bahwa, melalui pengelolaan yang profesional ditunjang dengan koleksi buku-buku berkualitas, serta dilengkapi sarana rekreasi edukatif diharapkan perpustakaan sekolah dapat menunjang proses belajar mengajar disekolah menjadi lebih bervariasi, menyenangkan dan tidak monoton. Pada akhirnya akan dapat mendukung peningkatan kualitas hasil akhir proses pembelajaran di sekolah.


"Menumbuhkembangkan minat baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti Nimtek tenaga pengelola perpustakaan dan sejenisnya. Pada hari ini kita mengadakan kegiatan bimtek tenaga pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kualitas pengelola perpustakaan agar mampu meningkatkan minat baca. Kegiatan ini juga sekaligus membuktikan bahwa Pemkab Muba melalui DPK sangatlah peduli dengan tumbuhkembang perpustakaan dan kualitas pengelolanya. Kepada peserta Bimtek hari ini agar mengikuti kegiatan secara maksimal dan mendapatkan manfaat dari kegiatan dimaksud dan dapat diterapkan ditempat kerja saudara semua,"pungkas Yudi.


Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM melaporkan bahwa, peserta Bimtek pengelola perpustakaan berjumlah 60 orang yang berasal dari perwakilan seluruh perpustakaan dalam wilayah Kabupaten Muba. Dengan tujuan agar para peserta memahami bahwa sebagai pengelola perpustakaan tidak hanya sekedar mengurus perpustakaan, namun bagaimana bisa menarik minat baca pengunjung perpustakaan.


"Kegiatan Bimtek ini akan berlangsung pada 29-30 November 2022, dengan mengundang narasumber dari pusat yaitu, Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Mamat Ramlan SIP, Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI Ahmad Muslim SPd MP, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Emi Marviana SE MSi, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana SSos MSi,"paparnya.(*)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar