News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sat Reskrim Polres Prabumulih Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Jual Beli Tanah

Sat Reskrim Polres Prabumulih Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Jual Beli Tanah


Prabumulih,Sriwijaya News- Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Prabumulih berhasil mengungkap kasus tindak pidana  penipuan penjualan tanah.

Kapolres Prabumulih AKBP SISWANDI, S.I.K., S.H., M.H melalui Kasat Reskrim AKP JAILILI, S.H., M.Si membenarkan telah telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana penipuan terhadap korban BUDIANTO ( 39Tahun ) Warga Veteran Kelurahan Pasar Prabumulih.

Pelaku bernam ASMADI umur (46 tahun ) warga Jalan SMB II KM 12 no.75.A Kelurahan Sukodadi Kecamatan Sukarami kota Palembang.

Adapun kronologis kejadian bermula , pelaku telah menjualkan tanah yang berada di Desa segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara enim seharga Rp.200.000.000,-(Dua ratus juta rupiah) kepada korban BUDIANTO,  dan setelah dilakukan proses pembayaran di rumah korban yang beralamat di Jalan Veteran No 11 Kelurahan Pasar Prabumulih kota prabumulih .

Kemudian pelaku menyerahkan surat tanah berupa surat penyataan pelepasan hak,  yang ketahui bahwa surat pernyataan pelepasan hak tersebut diketahui ditanda tangani oleh AGUSTIAWAN selaku kepala Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, dan setelah proses pembelian  selesai dilaksanakan dan diketahui bahwa tanah yang dibeli oleh korban dari pelaku  ternyata ada orang lain yang mengakui memiliki tanah tersebut dengan bukti kepemilikan hak atas tanah tersebut  yaitu pemilik atas nama Iskandar,.

Karena tanah tersebut juga dimilki orang lain maka korban Budianto mengajukan  gugutan Perdata ke PN Muara enim sampai dengan Pengadilan tinggi Palembang dan hasilnya memutuskan bahwa surat-surat yang didapat Budianto dari Hasil membeli dengan Pelaku tidak mempunyai kekuatan hukum, sehingga korban merasa tertipu dan dirugikan .

Akibat perbuatan pelaku ,  korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Prabumulih . Setelah melakukan rangkaian penyelidkan dalam perkara penipuan tersebut serta diketahui pelaku atas nama AGUSTIAWAN sudah di Sidik oleh Polres Muara Enim Prihal Pemalsuan  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 KUHP kemudian perkara ini ditingkatkan ke tahap penyidikan dan pelaku  ASMADI telah diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka.

" Barang Bukti dalam perkara ini berupa :1(satu) lembar kwitansi pembelian tanah sebesar Rp.200.000.000,-(Dua ratus juta rupiah) dan Salinan surat akta pembuatan pengoperan hak sudah diamankan," ujar Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi melaluiKasat Reskrim AKP JAILILI, S.H., M.Si ,Sabtu (2/10/21).

AKP Jailili menambahkan , Pelaku ASMADI  saat ini disidik oleh Unit Pidum Satreskrim Polres Prabumulih,  bahwa pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana kurungan penjara selama maximal 4 Tahun. (ad)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar