News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Marjuansyah : Rekrutmen KPPS Harus Selektif Dan Komposisi Seimbang, Catat Batas Usia Maksimal nya

Marjuansyah : Rekrutmen KPPS Harus Selektif Dan Komposisi Seimbang, Catat Batas Usia Maksimal nya



Poto: Ketua KPUD Prabumulih,Marjuansyah

PRABUMULIH - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Prabumulih memggelar Bimbingan Teknis Kepada Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) dan Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) se – Kota Prabumulih tentang Persiapan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS ). Di Fave Hotel Prabumulih, Selasa (5/12/23).

Ketua KPUD Kota Prabumulih,Marjuansyah menjelaskan Rekrutmen pembentukan KPPS harus benar-benar selektif dan sesuai dengan aturan  yang ada. baik PKPU maupun juknis lainnya.

" Hari ini kita melibatkan seluruh PPK dan PPS sekota Prabumulih,karena rekrutmen pembentukan KPPS akan dimulai pada11 Desember  mendatang," ungkapnya.

Marjuansyah menekankan seluruh jajaran agar pembentukan KPPS harus benar-benar  sekektif dan harus sesuai dengan aturan yang ada baik PKPU maupun ketentuan lainnya.

Karena kata dia.  pembentukan KPPS tahun ini  tidak sama dengan tahun sebelum nya, artinya lanjut Marjuansyah dalam rekrutmen KPPS tahun ini ,salah satunya ada usia maksimal dan minimal yang harus jadi perhatian dan harus dilaksanakan..

" Usia maksimal 55 tahun, jadi usia di atas 55 tahun tidak boleh jadi KPPS,dan komposisi KPPS juga  harus seimbang komposisinya," tegas Marjuansyah.

Apalagi menurutnya, pada pemilu nanti ada proses rekap menggunakan alat bantu sirekap  dan artinya KPPS kedepan harus bisa menggoperasikan smartphone dan mempunyai smartphone.

Lebih dalam Marjuansyah menuturkan, terkait kesehatan KPPS juga menjadi perhatian dan kedepan tidak hanya ada keterangan sehat saja ,setelah diumumkan dan menjelang penetapan dan sebelum pelantikan KPPS ini di screning lagi kesehatannya.

" Evaluasi dari pemilu 2019  banyak korabn jatuh korban akibat usia yang sudah lanjut. Jadi Secara jasmani dan rohani harus sehat,  agar tidak ada lagi korban yang jatuh akibat kelelahan" terangnya.

Diujung, Ia berharap agar proses Seleksi pembentukam KPPS berjalan lancar dan komposisi KPPS  terbentuk sesuai dengan apa yang diharapkan yang siap menyelenggarakan pemilu 2024 dan tidak menyisahkan persoalan di kemudian hari

Sementara Senada, PJ Wako Prabumulih,Elman ST MM menyebut kegiatan KPUD Prabumulih dalam menyelenggarakan Bimtek bagi PPK dan PPS merupakan Program untuk memudahkam masyarakat untuk mencoblos sehingga pemilu berjalan an dan lancar.

Namun kata Elman PPK ,PPS dan  tetap harus netral dan wajib memperhatikan usia berdasarkan aturan yang ada dalam rekrutmen anggota KPPS .

" Tapi harus netral dan bekerlah dengan baik. pilihlah KPPS yang muda, energik dan berintegritas, untuk menekan korban akibat kelelahan seperti pemilu 2019 lalu," tutupnya.(@d).

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar