Header Ads

Ini alasan Berkas Pasangan Independent Yudi-Natam Ditolak

PRABUMULIH,SRINE.COM-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Prabumulih menolak berkas pendaftaran pencalonan pasangan independent Yudi Hermanto-Natam di Pilkada Prabumulih 2018,Kamis (30/11/2017).


Artinya,kemungkinan untuk calon Petahana Ridho Yahya untuk melawan kotak kosong masih terbuka lebar.dan dengan penolakan ini pendukung dan simpatisan Yudi-Natam harus menahan kecewa dan berbesar hati. 

Ketua KPUD Prabumulih,M Takhyul,S.Ip didampingi Komisi Tekhnis Wawan Indiawan mengatakan,pihaknya menilai ,Persyaratan pencalonan yang diajukan pasangan Cawako Yudi Hermanto - Natam masih banyak kekurangan dan tidak lengkap.


Menurutnya, Berdasarkan Pasal 42 UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada  yang bunyinya, pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah dapat diajukan secara perseorangan apabila mereka dapat mengumpulkan dukungan berupa kartu identitas penduduk (KTP) sebanyak 6,5 hingga 10 persen dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada sebelumnya. 


"Itu Tegas ,jangan ditarik kemana-mana lagi",ujar Takhyul.

Kemudian,berkas tersebut dibuat tiga rangkap serta diperkuat dengan surat pernyataan dukungan. Selanjutnya Prosesnya masih harus diverifikasi oleh KPU melalui sistem informasi pencalonan (SILON) dan diawasi oleh Panwaslu. Dengan ini, nantinya hard copy akan disandingkan dengan soft copy. 


"Ini tidak terdapat di berkas mereka",katanya.



Sebaliknya, KPU menemukan perubahan nama pasangan calon dari yang semula Yudi Hermanto - Hasbi S.Pd menjadi Yudi Hermanto - Natam. Hal ini juga tidak dibuktikan dengan perubahan dukungan dalam bentuk surat.


 "Intinya berkas pencalonan kedua pasangan tersebut belum lengkap dan tidak memenuhi syarat sehingga KPU setelah berkoordinasi dengan Panwaslu menyatakan berkas Pencalonan ditolak dan dikembalikan" tegasnya.(ADT). 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.