News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perayaan Imlek Di Prabumulih

Perayaan Imlek Di Prabumulih


PRABUMULIH, Srine. Com - Perayaan Imlek di Kota Prabumulih berlangsung meriah.  warga Tionghoa Tionghoa mendatangi tiga Vihara untuk melakukan ritual di hari Imlek (tahun baru cina). Tiga vihar tesebut yakni, Vihara Prajna Maitreya (Pasar I), Klenteng Po Chin Bio (Prabu Jaya), dan Vihara Vajra Bhumi (Gunung Ibul Barat).

 Perayaan imlek ini diawali dengan memanjatkan doa tutup tahun. Sebagai bentuk rasa syukur warga Tionghoa atas berkah kepada sang pencipta. Yaitu, budha dan para dewa.

Selanjutnya, dilanjutkan upacara puja bakti atau pemberian persembahan berupa buah dan lain-lainnya. Terakhir, ditutup dengan doa selamat Imlek. Di tahun anjing ini, warga Tionghoa berharap diberikan keberkahan dan rezeki oleh sang budha dan para dewa lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Semoga negara kita damai dan harmonis. Semuanya hidup rukun dan bersinergi, supaya negara kita lebih maju lagi," ujar Pandita Vihara Prajna Maitreya, Ali ( 16/2/2018).

Ali mengatakan, seluruh warga Tionghoa suka cita menyambut tahun baru cina ini. Dan, berharap mendapatkan berkah dan rezeki di tahun anjing ini. "Tidak hanya ditandai doa syukur dan puja bakti, suka cita tahun baru imlek ini sanak keluarga makan bersama di vihara, tetapi juga ditandai dengan prosesi sembahyang," jelasnya.

Sementara itu, tiga vihara di kota ini dalam penjagaan ketat aparat kepolisian dari Polres Prabumulih, sebagai bentuk antisipasi kerawanan dan hal-hal tidak diinginkan selama proses ibadah umat budha tersebut.

Kabag Ops, Kompol Zaian ZL mengatakan, selama perayaan imlek situasi cukup aman dan kondusif. Apalagi, pihaknya menyebar puluhan personel untuk siaga di setiap vihara yang ada di kota ini.

"Warga Tionghoa di kota ini, sejak 15 Februari hingga 16 Februari, di setiap vihara bisa melaksanakan prosesi agamanya dengan lancar, aman dan kondusif, tanpa adanya gangguan dan juga kerawanan, apalagi, petugas kita berjaga ketat selama prosesi keagamaan tersebut berlangsung," tegasnya. (adt)

Tags

Minat Bergabung

Kirimkan CV anda ke redaksi Posmetro dibawah ini atau ke klikosmetro@gmail.com.

Posting Komentar