Header Ads

Kwarcab OKI Ikut Partisipasi Meriahkan Peran Saka Sesumsel 2018

Kayuagung,SRINE. Com --Sebanyak 112 orang pramuka Penegak dan Pandega Anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Kwarcab OKI putera puteri, dan 2 orang Pinkon putra putri, serta 4 orang pembina pendamping putra putri. Pada Jumat (26/10/2018) malam, berangkat mengikuti Peran Saka Daerah Sumatera Selatan tahun 2018, yang berlangsung pada tanggal 28 Oktober hingga 01 November 2018. Yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pandu Kinasih Desa Sumber Harum Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin.

Ketua Kwarcab OKI Husin SPd MM, didampingi Waka Binawasa Kwarcab OKI, Imam Tohari, melalui Sekretaris Kwarcab OKI, Suheraliamin, mengatakan Peran Saka adalah singkatan dari Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka. Perkemahan ini merupakan salah satu pertemuan pramuka khusus untuk anggota Satuan Karya Pramuka (Saka). Nasional merujuk kepada tingkat penyelenggaraan dan pesertanya di mana kegiatan ini dilaksanakan secara nasional dengan peserta yang merupakan perwakilan kwartir daerah se-Indonesia.

Lebih lanjut dikatakannya, Peran Saka adalah pertemuan pramuka atau kegiatan bagi pramuka Penegakdan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) tingkat Nasional. Saka tersebut terdiri atas Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti dan Saka Wirakartika.

" Para pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka se Indonesia berkumpul bersama melaksanakan kegiatan dititikberatkan pada tiga pokok kegiatan yakni Pengenalan Saka, Pendalaman Krida dan Kegiatan Bakti. Kegiatan  tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan Perkemahan dengan berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif, " terang Suher.

Sementara itu, Waka Binamuda, Elzam Muaz mengatakan, Peran Saka Daerah Sumatera Selatan tahun 2018 itu juga, merupakan Ajang Promosi sekaligus Edukasi Tentang Kehadiran Satuan Karya Yang identik dengan Krida Krida Teknlogi Informasi.

“Melalui Peran Saka Daerah Sumatera Selatan ini semoga dapat membangun kepercayaan Publik pada Gerakan Pramuka, Bahwa Adaptasi Perubahan Zaman Merupakan Konsep yang harus dibawa Oleh Gerakan Pramuka, sehingga daya tarik dan Minat Kaum Muda Pada Gerakan Pramuka Menjadi lebih besar, seperti halnya advokasi dan promosi Saka Kominfo untuk mendorong menjadi Saka Kominfo Nasional,” ungkapnya

Elzam menambahkan, serta ini juga sebagai pembuktian, bahwa pramuka dapat dikelola secara mandiri. Dengan keterbatasan diharapkan menjadi peluang untuk membangun pramuka dengan Kemandirian baik secara Finansial Maupun Tugas Pokok Pembinaan.

" Semoga Peran Saka Daerah Sumatera Selatan tahun 2018 ini dapat berjalan dengan sukses," harapnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.