Header Ads

Bupati Muba, Dodi Reza Lantik 13 Kades Terpilih

MUBA, SRINE.Com- H Dodi Reza Alex, Bupati Musi Banyuasin (MUBA) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melantik 13 Kepala Desa (Kades) terpilih Periode 2018-2024, berlangsung dilapangan Bola Desa Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin, pada senin siang (17/12).

Ke 13 kades yang dilantik ini merupakan gelombang pertama hasil Pemilihan Kades (Pilkades) serentak yang digelar pada 10 November waktu lalu, dan kemudian pada gelombang kedua 19 Desember nanti akan menyusul 9 Kades dilanjutkan 2 (Dua) Kades lagi akan dilantik pada 2 Februari 2019 mendatang.

Dalam sambutanya Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex mengatakan, bahwa pengambilan sumpah dan dilantiknya kepala desa hari ini merupakan bentuk kepercayaan, kehormatan, dan amanat pemerintah daerah dan warga masyarakat kepada kades yang menang dalam pemilihan sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Dodi mengharapkan kepada kepala desa terpilih kiranya kades dapat memimpin dan membangun desa agar menjadi lebih baik serta sejahtera. untuk itu, pengambilan sumpah dan pelantikan kades, hendaknya bisa dijadikan momentum sekaligus dimaknai sebagai titik awal yang baik.

" Saya berharap kepada kades yang baru menjabat, untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang baik, membangun desa, serta memberdayakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, juga bersinergi dengan pemkab Muba sesuai dengan Visi Misi Pemkab Musi Banyuasin Muba Maju Berjaya 2022," kata Dodi Reza Alex.

Selain itu Juga Bupati Muba berpesan agar para kades yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban sebagai kades dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. Jalankan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.

" Bekerjalah dengan benar, jujur, dan ikhlas.
 Selain itu Saya minta, Kades-Kades yang telah dilantik ini eksis dengan prestasi dan menjadi perpanjang tangan Pemkab Muba dalam mengayomi warga di desa-desa kalian akan mengemban amanah selama enam tahun ke depan," pesan Bupati.

Sementara Itu Kepala Dinas PMD Musi Banyuasin, Richard Cahyadi AP, Msi berpesan agar para kades yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas, wewenang, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan bekerja dengan benar, jujur, dan ikhlas.

" Apabila menghadapi permasalahan, segera selesaikan di tingkat desa, namun apabila diperlukan, jangan segan-segan berkonsultasi dan berkoordinasi dengan kami Dinas PMD  dan camat, karena meski pada dasarnya  kades bertanggungjawab kepada rakyat melalui BPD, namun demikian prosedur pertanggungjawaban kades nantinya disampaikan kepada bupati  melalui camat," ujarnya.

Selain itu Richard Mengharapkan kepada seluruh kades yg baru dilantik untuk segera berkonsultasi dan berkordinasi  kedinas PMD, dikarenakan pada tahun 2019 pengelolaan anggaran dana desa harus mengacu pada aturan terbaru sesuai berdasarkan permendagri no.20 tahun 2018 sehingga diakhir tahun ini seluruh APBDes  sudah mengacu pada aturan tersebut," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.