Header Ads

Surat Suara Presiden Tidak Ada, Ini Solusi Agar warga Tps 09 Patih Galung Bisa Mencoblos

Prabumulih,SRINE.Com-Warga Kelurahan Patih Kalung nyaris tak bisa menyalurkan hak pilihnya di pemilu serentak 2019,pasalnya saat Panitia Pemilihan Pemungutan Suara (PPPS) di TPS 09 Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat, menemukan pada kotak suara presiden tidak ditemukan lembaran surat suara presiden dan wakil presiden, Rabu pagi (17/4) sekitar pukul 07.00 WIB.


Hal ini terungkap saat petugas PPPS 09 melakukan pengecekan pada kotak pertama (1) khusus surat suara presiden.

“Pas dibuka, di kotak 1 cuma ada bantalan untuk nyoblos, benang, paku, tali, sama amplop suara, untuk lembaran surat suara presiden tidak ada pak,” sebut Erna Afriani, Ketua KPPPS 09, ditemui di lokasi TPS.

Temuan tersebut kata dia,langsung dilaporkannya ke Ketua PPS Kelurahan Patih Galung agar segera ditindaklanjuti.  Akibat kejadian itu, TPS yang berada bersebelahan dengan TPS 08 di dalam Balai Kelurahan itu, hingga berita ini diturunkan belum melakukan pemungutan pemilihan suara.

“Kami terpaksa menunggu pak, karena masih mencari dan mengumpulkan lembaran surat suara yang ada di TPS di wilayah Patih Galung,” katanya.

Dia sebutkan, jumlah pemilih yang  terdaftar di TPS 09 RT 001 RW 001 berumlah201 DPT, dan 4 pemilih khusus (DPK).

“Tadi baru 7 orang yang sudah milih, kami berharap proses pemilihan di TPS sini berjalan lancar dan tidak nyambung sampai besok,” harap dia.

Terkait temuan tersebut, Ketua PPK Prabumulih Barat, Edi Asri menyebutkan pihaknya telah mencari solusi dengan cara memerintahkan seluruh petugas PPS di Patih Galung untuk mengumpulkan surat suara khusus presiden.

“Kalau masih tidak cukup, kita akan pintakan ke kekelurahan lain. Kalu sementara sudah terdata ada 185 lembar surat suara presiden, yang dilaporkan bisa dikumpulkan,” jelas Edi.

Dia pun meminta kepada DPT yang tidak bisa memilih, agar memakluminya karena kejadian tersebut adalah kejadian khusus (C2).

“Ya bagaimana lagi kita sudah berusaha, karena ada TPS yang bisa kita ambil lembaran surat suaranya, ada yang tidak bisa karena mereka sudah cukup,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kota Prabumulih, Herman Julaidi SH, saat ditemui di lokasi mengaku pihaknya telah mencatat dan membuatkan laporan berita acara temuan tersebut.

“Sudah tadi, kita sudah membuatkan laporan berita acaranya. Untuk sementara, baru di TPS 09 yang kita temukan,” tegasnya.

 Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk MH SIk SH, usai menerima laporan tersebut, langsung turun ke lokasi TPS untuk melakukan pengecekan.

Sementara,Adi (48) salah seorang warga mengaku kesal dengan insiden ini.akibatnya kata dia,warga yang mencoblos di TPS 09 Kelurahan Patih Kalung harus menunggu lama untuk melakukan pencoblosan.

"Warga baru bisa mencoblos sekitar Pukul 9.30 Wib",ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan,warga yang baru bisa mencoblos sejumlah 86 Orang,sementara sisanya harus rela menunggu.

Ketua Kpud Prabumulih,Marjuansyah melalui sambungan Watshapp pribadinya  mengaku jika permasalahan di TPS 9 patih kalung sudah berhasil diatasi.

"Semua sudah aman",tegasnya  singkat (Ad)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh rajareddychadive. Diberdayakan oleh Blogger.