Weather (state,county)

Breaking News

Jaga Tubuh Tetap Sehat ,Tim Satgas Karhutla Muara Enim Cek Kesehatan

MUARA ENIM,SRINE - Guna mengantisipasi terjadi gangguan kesehatan dalam bertugas, Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Muara Enim, Jumat (20/9/2019) melakukan cek kesehatan secara berkala.

 Terpantau puluhan personel Satgas dan BKO Karhutla dari Polres Muara Enim serta Polsek Gelumbang yang diterjunkan memadamkan Karhutla di Desa Kayu Ara Batu Kecamatan Muara Belida, Gelumbang berbatasan dengan Kebun Raya, Bakung Kabupaten Ogan Ilir (OI) diperiksa kesehatannya oleh tim medis Puskesmas Gelumbang .

Kepala Puskesmas Gelumbang,Musadat,S.Km menjelaskan,Dampak asap tidak hanya berpengaruh buruk bagi masyarakat , namun lebih berbahaya bagi tim satgas karhutla yang langsung bertugas di lapangan.

 "Untuk itu perlu dilakukan pengecekan kesehatan secara rutin," kata Musadat, S.Km, MM, Jumat (20/9/2019).

Setiap dilakukan pengecekan kesehatan, tim satgas karhutla daerah itu diberi multivitamin suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal itu dilakukan karena hampir setiap hari tim satgas tersebut melakukan pemadaman kebakaran hutan.

"Selain pengecekan kesehatannya, Satgas dan BKO Karhutla ini juga kita berikan multivitamin suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh mereka," katanya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH SIk MH melalui Kapolsek Gelumbang AKP Dwi Satya Arian SH SIk MH juga menuturkan selain butuh perjuangan memadamkan karhutla, juga dibutuhkan fisik dan mental yang kuat bagi Satgas dan BKO Karhutla untuk memadamkan api di tengah kepungan asap tebal dari bekas Karhutla tersebut.

"Tim medis dari Puskesmas Gelumbang sangat membantu kita dengan melakukan pengecekan kondisi kesehatan para anggota satgas karhutla ini. Mengingat, asap karhutla yang dihirup secara terus menerus dapat mengganggu kesehatan," imbuhnya.

"Kapolres juga memerintahkan anggota Satgas dan BKO Karhutla Polres Muara Enim dan Polsek Gelumbang untuk selalu menjaga kesehatan. Sehingga tugas mulia yang diemban oleh satgas ini, bisa dituntaskan segera," ungkapnya. (A/ks)

Tidak ada komentar